Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan ChatGPT

Oleh: Dewi Shinta N
Selasa, 2 Mei 2023 | 18:17 WIB

Palo Alto Networks, pemimpin keamanan siber global, baru-baru ini merilis hasil penelitian dari tim intelijen siber, Unit 42, tentang peningkatan popularitas AI generatif yang telah menyebabkan lonjakan aktivitas penipuan seputar ChatGPT.

Penelitian ini menyoroti beragam taktik yang digunakan oleh penipu untuk menipu pengguna agar membagikan informasi rahasia atau mengunduh perangkat lunak berbahaya. Lebih lanjut, penelitian ini juga menghadirkan contoh nyata dan studi kasus dalam mendemonstrasikan metode-metode penipuan tersebut.

Unit 42 mengamati beberapa URL menipu, yang ditujukan untuk serangan phishing dengan menyamar menjadi situs web resmi OpenAI.

Baca juga : Mengenal Generative AI dan Langkah Keamanannya 

Para penipu di balik skema tersebut biasanya membuat situs web palsu yang sangat mirip dengan situs web resmi ChatGPT, dengan tujuan mendorong pengguna untuk mengunduh perangkat lunak berbahaya atau mengungkapkan informasi pribadi dan rahasia.

Meskipun OpenAI menawarkan versi gratis dari ChatGPT, para penipu sering kali menyesatkan korbannya sehingga mengunjungi situs web palsu dan membayar untuk menggunakan layanan ini.

Temuan-temuan utama dari laporan tersebut meliputi:

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Harus Upgrade ke ChatGPT Plus

Informasi lebih lanjut mengenai temuan Unit 42 Palo Alto Networks terkait penipuan yang mengatasnamakan ChatGPT dapat diperoleh melalui blog berikut ini.