LogoDIGINATION LOGO

IKM Harus Manfaatkan Litbang untuk Berkompetisi di Era Digital

author Oleh Ana Fauziyah Kamis, 26 Oktober 2017 | 08:41 WIB
Share
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong agar industri kecil dan menengah (IKM) nasional dapat memanfaatkan hasil penelitian dan pengembangan (litbang) untuk menghasilkan produk yang inovatif sesuai selera konsumen di era e-commerce saat ini
Share

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong agar industri kecil dan menengah (IKM) nasional dapat memanfaatkan hasil penelitian dan pengembangan (litbang) untuk menghasilkan produk yang inovatif sesuai selera konsumen di era e-commerce saat ini.

Menurut Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih, pemanfaatan litbang diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan daya saing produk IKM lokal dalam rangka memperluas pasar dan kompetitif di kancah global. “Lembaga litbang ini sangat diperlukan untuk menciptakan teknologi tepat guna, murah dan aplikatif bagi para IKM,” ujar Gati.

Gati juga memaparkan bahwa Kemenperin memiliki beberapa Balai Besar di seluruh Indonesia yang fokus mengembangkan potensi industri di wilayah tersebut seperti Balai Besar Karet, Kulit, dan Plastik (BBKKP) dan Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) di Yogyakarta, Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) serta Balai Besar Logam dan Mesin (BBLM) di Bandung.

“Produk-produk hasil litbang Balai Besar ini semestinya bisa dikembangkan oleh IKM-IKM kita,” ujar Gati. Ia berharap, IKM nasional mampu mengikuti perkembangan teknologi dan inovasi terkini terutama dalam menghadapi era Industry 4.0.

“Revolusi industri keempat ini ditandai dengan peningkatan ketersambungan antara manusia, mesin dan sumber daya alam yang dibangun oleh penerapan teknologi informasi dan manufaktur generasi lanjut. Tentunya, dengan mengedepankan proses industri yang lebih efektif, efisien, dan ramah lingkungan,” terangnya.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE