LogoDIGINATION LOGO

Mau Sukses? Jangan Sia-siakan Masa Mudamu!

author Oleh Alfhatin Pratama Sabtu, 26 Januari 2019 | 09:05 WIB
Share
Ilustrasi mencapai kesuksesan (shutterstock)
Share

Biasanya, menjelang usia 20 atau di usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk menentukan rencana sukses seumur hidup. Di usia ini seorang sudah dapat dikatakan dewasa. Seorang sudah bergerak menjauhi kenaifan masa remajanya.

Namun, di usia ini juga seorang bisa saja berada dalam ketidakpastian dan kepedihan hidup yang membuat hidupnya berjalan tidak konsisten. Untuk tetap berada pada jalan menuju kesuksesan hidup, segala pasang surut semangat dan rintangan permasalahan hidup harus dikelola dan dihadapi dengan cara yang baik.

Berikut ini adalah 8 cara yang telah dirangkum Digination.id untuk mencapai kesuksesan di usia 30-an jika disiapkan sejak usia 20-an.

1. Temukan passion

Usia 20-an adalah waktu untuk mengenal diri sendiri dan apa yang ingin dipedulikan. Pada usia ini kamu harus merangkul gagasan dan impian besar dengan berani. Pada usia ini juga saatnya menggunakan semangat mendorong dirin untuk maju.

Temukan tujuan dan kejarlah impian. Mungkin di tengah jalan ambisi dan tujuan berubah, tapi semua harus dimulai kan?

Baca juga: Nih, Cara Mengubah Passion Jadi Bisnis!

2. Terbuka dengan hal baru

Usia 20-an adalah waktu yang penting untuk menjalankan berbagai eksperimen dan coba-coba. Tentunya, untuk hal-hal yang terkait minat dan bakat. Saatnya untuk mencari tahu apa yang benar-benar menjadi fokus dan bidang apa yang benar-benar dikuasai. Untuk melakukan ini, kita harus fleksibel, tidak takut, dan terbuka untuk mencoba hal-hal baru.

Terkadang hidup membuat kita harus berputar haluan, biarkan diri menemukan jalan baru yang lebih menarik. Merangkul perubahan dan terbuka untuk peluang-peluang baru.

3. Bangun life skill dasar

Apa pun bidang karier yang dikejar, ada keterampilan dasar tertentu yang harus dimiliki untuk mencapai sukses. Misalnya, keterampilan menghadapi ketidakpastian, stres, kecemasan, depresi dan kegagalan. Karena, rencana yang paling baik pun bisa gagal.

Tidak kalah penting, cara memahami dan mendengarkan orang lain tanpa menghakimi. Jangan pernah remehkan life skill seperti ini.

Baca juga: Tingkatkan Soft Skill? Coba Cara Ini

4. Jejaring yang baik

Jejaring yang baik adalah pendorong peningkatan karier, gaji, dan kesuksesan lainnnya. Namun, tidak sedikit dari orang-orang usia 20-an menghabiskan waktunya secara sembarangan. Sekarang adalah saatnya untuk mulai membangun hubungan yang kuat dan saling menguntungkan dengan orang lain yang dapat saling membantu.

Tidak ada seorang pun yang menjadi sukses dengan caranya sendiri. Semua orang butuh bantuan orang lain. Teman dekat, rekan di kantor, mentor, atau sekadar kenalan yang sebelumnya tidak akrab memainkan peran penting dalam membantu menemukan peluang untuk sukses.

5. Belajar mengatur keuangan

Biasanya, di umur 20-an, ada pilihan hidup yang besar. Apakah akan meneruskan pendidikan? Atau jalur karier apa yang mau dikejar? Atau mengambil pendidikan dan karier secara bersamaan? Selain itu, ada satu pilihan lagi yang penting tapi sering diabaikan oleh banyak orang di usia ini, yaitu pengelolaan uangBagaimana menangani uang dan keputusan lain yang diambil tentang keuangan akan memengaruhi hidup sekarang dan beberapa tahun mendatang. 

Pelajari cara menetapkan anggaran dan mengontrol pengeluaran. Tetapkanlah tujuan finansial untuk diri sendiri, seperti berapa banyak yang akan ditabung untuk masa depan dan berapa banyak yang dialokasikan untuk investasi atau berbisnis. Melakukan semua ini akan membantu membangun stabilitas keuangan.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Bagi Para Freelancer. Mmm, Bagaimana, ya?

6. Kembangkan skill yang menjual

Usia 20-an adalah waktu mengasah keterampilan menjual. Meningkatkan keterampilan ini akan memberikan hasil yang baik sekarang dan di masa depan. Apa pun jalur karier yang dipilih, memiliki keterampilan menjual sangat bermanfaat. Hal ini penting dalam membantu seorang mencapai tujuan. 

7. Tanamkan kebiasaan baik

Banyak orang berpikir usia 20-an adalah waktu untuk hidup bebas dari kekangan dan kekhawatiran. Konsekuensi dari perilaku buruk tampak begitu jauh. Padahal, di usia ini merupakan waktu yang sangat penting untuk mulai menetapkan good habit atau kebiasaan baik yang akan mendukung masa depan yang sehat, bahagia, dan sukses. Ini termasuk makan dan minum yang sehat, olahraga teratur, dan mengeola stres.

8. Giat

Setiap pencapaian besar dalam hidup akan datang dengan kegigihan dan produktivitas. Bekerja dengan tekun, konsisten, dan produktif ke arah tujuan yang ingin dicapai adalah salah satu hal paling penting yang harus dilakukan di usia 20-an.

Lakukan hal Ini, dorong dirin untuk tidak pernah menyerah dan temukan cara untuk terus bergerak maju bahkan setelah menghadapi kegagalan.

Yuk, belum telat kok untuk sukses!

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur
TAGS
RECOMMENDATION

Mau Sukses? Coba Baca Buku Ini!

Membaca menjadi sangat penting jika ingin sukses dalam bisnis. Berikut 19 buku untuk memicu ide dan pemikiran kreatifmu di 2019.

Minggu, 6 Januari 2019 | 10:00 WIB

3 Langkah Terbaik Ubah Stress Jadi Sukses

Hampir semua orang pernah mengalami stres. Namun tak banyak orang yang tahu bahwa stres bisa menjadi motivasi untuk lebih produktif.

Minggu, 20 Januari 2019 | 13:05 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB