LogoDIGINATION LOGO

7 Hal Penting untuk Bisnismu, Jangan Sampai Lewat!

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Rabu, 22 Agustus 2018 | 10:00 WIB
Share
Ilustrasi (Shutterstock)
Share

Mengetahui bisnis lokalmu mulai dikenal dan memiliki pelanggan tentu menyenangkan, bukan? Artinya bisnismu sudah dapat diterima dengan baik dan menghasilkan keuntungan. Lebih dari itu, sebagai pengusaha kamu juga harus mampu mengembangkan bisnismu. Mengembangkan bisnis merupakan hal yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Banyak potensi kamu mengambil jalan yang salah. Oleh sebab itu, dibutuhkan perencanan yang matang dan kesiapan dalam menghadapi hal yang tak terduga.

Dilansir dari Forbes, berikut 7 hal yang harus dan tidak boleh kamu lakukan untuk mengembangkan bisnismu:

Lakukan Riset

Bahkan sebelum mulai mengembangkan bisnis, kamu harus sudah melakukan riset. Riset digunakan untuk mengetahui apakah bisnismu mampu bertahan dengan sumber daya yang tersedia. Lihat juga semua analisis, statistik dan laporan keuangan yang ada, untuk memproyeksikan bisnismu di masa depan. Atau mungkin kamu juga dapat menggunakan penasihat bisnis, akuntan atau pengacara untuk membantumu mengambil keputusan. Menggunakan orang lain tentunya akan menambah biaya, namun para ahli ini dapat membantu mengarahkanmu ke arah yang tepat.

Baca juga: Jangan Remehkan Bisnis Lokal

Ilustrasi (Freepik)

Tetapkan Tujuan

Dalam mengembangkan bisnis, kamu harus tahu tujuannya. Tanpa tujuan, kamu tidak tahu apakah langkah yang telah kamu lakukan sudah baik atau belum. Ketika kamu memiliki tujuan, maka ada hal yang harus diperjuangkan. Saat menetapkannya, pastikan membuat tujuan yang SMART yaitu Specific (khusus), Measurable (dapat diukur), Achievable (dapat dicapai), Relevant (terkait) dan Time bound (terikat waktu). Standar ini akan memastikan tujuanmu realistis dan memungkinkan untuk dicapai.

Jangan Lakukan Semuanya Sendiri

Saat mulai mengembangkan bisnis, apakah muncul perasaan protektif? Perasaan bahwa kamu bisa melakukan semuanya sendiri, karena takut orang lain dapat mengubah segalanya yang telah dibangun. Dapat dipastikan jika melakukan semuanya sendiri, kamu akan kewalahan. Cobalah terbuka dengan orang lain yang dapat kamu andalkan yang mungkin dapat memberikan masukan  dalam mengembangkan bisnis. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan karyawanmu untuk membantu beberapa tugasmu, mencari bantuan dari penasihat bisnis atau berbicang dengan pemiliki bisnis yang sudah berpengalaman.

Jangan Mengandalkan Perjanjian Informal

Selalu lakukan segala perjanjian secara tertulis. Jangan mengandalkan perjanjian informal, misalnya secara lisan. Memiliki perjanjian tertulis dapat mengikat orang untuk menepatinya. Pastikan selalu membuat perjanjian tertulis ketika bekerjasama dengan mitra bisnis, kreditur dan urusan bisnis lainnya.

Baca juga: 9 Cara Jadi Jagoan di Pasar Lokal

Ilustrasi (Freepik)

Dapatkan Feedback dari Pelanggan

Pelanggan adalah kelompok terbaik untuk mendapatkan feedback guna mempelajari bagaimana kamu harus mengembangkan bisnis. Dengan mengenali mereka, kamu akan menemukan bagian yang harus dikembangkan dan seperti apa produk dan layanan yang diinginkan. Mintalah pelangganmu untuk memberikan feedback dengan menulis ulasan dan menjawab survei. Jika memungkinkan, wawancarai beberapa dari mereka sehingga kamu dapat mengetahui lebih dalam lagi.

Cari Pelanggan Baru

Menjaga agar pelanggan tetap setia memang penting, tapi mencari pelanggan baru juga tidak kalah penting. Tanpa pelanggan baru, keuntunganmu tidak akan naik dan diperlukan analisis pasar untuk mengidentifikasinya. Coba cari tahu dimana mereka tinggal, bekerja dan bergaul untuk menciptakan pasar yang cocok. Kamu juga dapat mempelajarinya melalui media sosial atau situs lainnya yang sering digunakan, sehingga dapat menargetkannya secara online.

Jangan Terburu-buru dalam Proses Perekrutan

Seiring dengan bertumbuhnya bisnis, kamu mungkin perlu tambahan tenaga. Namun, tidak perlu terburu-buru dalam proses ini. Jika terburu-buru, mungkin saja kamu mempekerjakan orang yang salah. Pastikan dulu posisi apa yang ingin kamu isi. Buat deskripsi pekerjaan dan kualifikasi yang diperlukan. Ketika sudah memasang lowongan tersebut, jangan buru-buru mewawancarai pelamar pertama. Pastikan bahwa orang yang akan diwawancara adalah pelamar yang sesuai dengan kualifikasi, agar waktu yang telah kamu investasikan tidak sia-sia.

Baca juga: Blockchain Solusi Untuk Industri Game Lokal

Ilustrasi (Freepik)

Pengembangan bisnis merupakan perluang besar bagi pengusaha untuk memperoleh pelanggan baru dan menaikkan keuntungan. Selain itu juga dapat mengantisipasi dan mengangani permasalahan yang timbul sejak dini. 7 hal diatas akan membantu mengevaluasi pilihan dan menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan, menciptakan keberuntungan dan memperbesar peluang kesuksesan. Semoga beruntung!

Baca juga: 3 Tips Membangun Bisnis Ala Tom Lembong

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Forbes
TAGS
RECOMMENDATION

Brand Lokal Pun Berpotensi Luar Biasa

Produk-produk lokal sebenarnya tidak kalah dengan produk besutan luar negeri, bahkan banyak potensi yang luar biasa yang tersimpan di dalamnya

Rabu, 11 Juli 2018 | 16:19 WIB

9 Cara Jadi Jagoan di Pasar Lokal

Kamu sedang berpikir untuk ekspansi ke mancanegara? Padahal, produk kamu belum jadi jagoan di negeri sendiri? Yuk, coba local marketing dulu

Minggu, 12 Agustus 2018 | 06:51 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB