LogoDIGINATION LOGO

Pemerintah Siapkan Roadmap Industry 4.0

author Oleh Ana Fauziyah Selasa, 20 Maret 2018 | 14:22 WIB
Share
Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah merancang sebuah roadmap (peta jalan) yang disebut dengan Making Indonesia 4
Share

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah merancang sebuah roadmap (peta jalan) yang disebut dengan Making Indonesia 4.0. Peta jalan ini merupakan kebijakan terintegrasi untuk mengimplementasikan sejumlah strategi dalam memasuki era Industry 4.0 yang melibatkan beberapa pemangku kepentingan, mulai dari institusi pemerintahan, asosiasi dan pelaku industri, hingga unsur akademisi.

“Sejak tahun 2011, kita telah memasuki Industry 4.0, yang ditandai meningkatnya konektivitas, interaksi, dan batas antara manusia, mesin, dan sumber daya lainnya yang semakin konvergen melalui teknologi informasi dan komunikasi,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Sosialisasi Roadmap Implementasi Industry 4.0 di Jakarta, Selasa (20/3).

Menperin menjelaskan era industry 4.0 ini merupakan lompatan besar bagi sektor industri, di mana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya. “Tidak hanya dalam proses produksi, melainkan juga di seluruh rantai nilai industri sehingga melahirkan model bisnis yang baru dengan basis digital guna mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik,” paparnya.

Untuk itu, sektor industri nasional perlu banyak pembenahan terutama dalam aspek penguasaan teknologi yang menjadi kunci penentu daya saing di era Industry 4.0. Adapun lima teknologi utama yang menopang pembangunan sistem Industry 4.0, yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human-Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing.

Lebih lanjut, Menperin menuturkan bahwa pemerintah saat ini berupaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia melalui program link and match antara pendidikaan dengan industri. Upaya ini dilaksanakan secara sinergi antara Kemenperin dengan kementerian dan lembaga terkait seperti Bappenas, Kementerian BUMN, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB