7 Strategi Konten untuk Sukseskan Bisnis

Oleh: DQLab
Jumat, 11 November 2022 | 11:58 WIB

 

Dalam menjalankan bisnis penting bagi kamu untuk meninjau kembali strategi-strategi apa saja yang telah dijalankan, hal ini agar dapat memastikan strategi kedepannya lebih menarik dan memberikan prospek jangka panjang untuk bisnis dan pelanggan.

Adanya kenaikan peran penggunaan data sebagai pertumbuhan bisnis, ini juga berdampak pada konten marketing bisnis bisa melakukan pemasaran bisnis dalam dimensi yang berbeda secara maksimal. Strategi konten menjadi salah satu komponen penting dari strategi mensukseskan bisnis agar bisa terhubung secara langsung dengan target audiens bisnis.

Jika kamu sedang memiliki kendala pada planning tahun yang akan datang atau membutuhkan sebuah cara baru untuk merancang strategi bisnis yang lebih fresh, pada yang telah dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara ini menjadi guidelines atau sebuah pedoman agar kamu menemukan strategi konten baru serta eksplorasi mendalam berdasarkan data.

Introduction: Mengenal Strategi Konten

Strategi konten merupakan niche [target yang lebih spesifik] secara disiplin yang relatif terbaru di ruang digital. Let say cakupan goals atau tujuan bisnismu adalah mencari cara untuk meningkatkan brand awareness, agar bisa mencapai goals maka kamu membutuhkan strategi konten yang diimplementasikan guna meningkatkan visibilitas website bisnis, rank artikel blog di search engine (SEO), hingga meningkatkan traffic media sosial. 

Pada dasarnya strategi konten menjadi sebuah rencana bisnis yang dimana menggunakan beberapa komponen seperti audio, visual, tulisan atau visual yang tidak tertulis lainnya. Agar strategi konten lebih menarik di mata audiens, sehingga butuh beberapa komponen yang harus diperhatikan meliputi format konten, funnel konten, strategi memanajemen kreasi konten hingga konten bisa terpublish.

Baca juga: Mengapa Data Science Penting di Dunia Bisnis?

Konten strategi membantu bisnis secara high-level membantu mempersiapkan informasi seputar produk atau layanan lebih spesifik dan efektif yang bisa memberikan petunjuk baru bagi bisnis. Plus, konten tidak hanya membantu prospek bisnis tetapi juga bisa memicu kesadaran merek bisnis kamu. Nah, adapun beberapa cara membuat strategi konten secara mendalam. Yuk cek berikut ini:

  1. Menentukan Arah Tujuan Konten

Sebelum merencanakan strategi konten, penting untuk menentukan tujuan konten sehingga akan membantu kamu lebih mudah untuk menentukan strategi konten seperti apa yang lebih baik dan kebaruan konten bisnis kamu.

  1. Research Persona Audiens

Tidak hanya define atau menentukan tujuannya saja, persona audiens atau user juga membantu target konten secara spesifik. Ini sangat penting apabila kamu baru memulai atau mengenal marketing. Dengan adanya target spesifik melalui persona maka strategi konten akan lebih relevan dan bisa mendorong conversion.

Kamu bisa mulai menentukan persona dengan menargetkan sekelompok orang tertentu atau dapat meninjau kembali dengan melakukan riset pasar setiap bulan atau setiap tahunnya.

  1. Audit Konten

Audit konten merupakan salah satu proses menilai dan menganalisis seluruh konten yang ada dan di develop secara sistematis, ini sangat membantu ketika kamu ingin mencoba memaksimalkan suatu produk atau jasa bisnis yang telah dikembangkan sebelumnya. Hal-hal yang diperhatikan saat melakukan audit konten yaitu seperti memeriksa kualitas desain konten, melihat navigasi konten, hingga memeriksa kecepatan akses pada konten.

  1. Tentukan Sistem Manajemen Konten

Selain mengaudit konten-konten yang ada, perlu juga menentukan sistem manajemen konten untuk membantu mengelola konten serta membantu kontributor dalam membuat, mengedit, dan menerbitkan suatu konten. Biasanya sistem manajemen konten disimpan dalam database dan ditampilkan menggunakan template, contoh sistem manajemen konten yang biasa digunakan seperti WordPress atau Squarespace.

  1. Tentukan Tipe Konten 

Pada dasarnya ketika kita membuat strategi konten, penting untuk mengetahui tipe konten seperti apa yang sesuai dengan apa yang ingin dibahas dan format konten yang populer. Contohnya seperti konten audio, konten ebook, atau konten blog posting.

Baca juga: Rumus Dasar Excel yang Wajib Dikuasai di Dunia Kerja

  1. Brainstorming Ide Konten Kreatif

Baik seorang individu maupun tim dalam bisnis, akan menyalurkan seluruh ide-ide yang mereka punya. ‘Aha!’ momen menjadi pencetus ide yang terkadang bisa membantu menginovasikan sebuah konten yang kreatif serta mendorong strategi baru mempromosikan produk atau layanan melalui konten.

  1. Publish Konten

Mempublikasikan konten-konten yang telah dibuat adalah peran utama dari strategi konten bisnis. Yang kita ketahui, untuk membuat konten yang menarik serta bisa engage dengan audiens tidaklah mudah. Banyak trial and error atau bahkan evaluasi dari tim marketing untuk memahami kebutuhan audiens atau target dengan benar. 

Dengan mempublish konten tidak hanya mengklik post atau share saja, melainkan konten yang akan di publish bisa dipahami dan dikonsumsi oleh audiens sesuai dengan channel yang sudah ditetapkan.

Melalui strategi konten juga membantu tim marketing atau tim bisnis bisa mencegah upaya kesalahan dan memastikan strategi bisa selaras dengan goals campaign bisnis. Ingin mulai buat strategi promosi bisnis berdasarkan analisis data agar lebih maksimal? Kamu bisa mulai belajar dengan join kursus online bersama DQLab. DQLab merupakan kursus belajar Data Science berbahasa Indonesia dan saat ini sedang membuka kelas belajar untuk pemula hingga tingkat lanjut [advanced].

Tertarik mencobanya? Dapatkan kelas intensif pemula untuk mengelola dan menganalisis data menggunakan tools mulai dari yang sederhana yaitu Excel di kelas Data Analyst with Excel. Special untuk kamu dapatkan potongan harga belajar hingga 50% menggunakan kode voucher XLDIGINATION khusus untuk pembaca Digination. Tunggu apalagi, yuk mulai belajar data karen data untuk semua!