Membangun Kepercayaan Pelanggan Toko Online, Bagaimana Caranya?

Oleh: Ana Fauziyah
Senin, 5 Februari 2018 | 04:35 WIB
Kepercayaan merupakan hal utama dalam bisnis online, sebab antara penjual dan pembeli tidak bertatap muka saat melakukan transaksi

Kepercayaan merupakan hal utama dalam bisnis online, sebab antara penjual dan pembeli tidak bertatap muka saat melakukan transaksi. Kepercayaan dari konsumen wajib kamu bangun agar toko online-mu memiliki pelanggan tetap dan semakin banyak dikunjungi. Membangun kepercayaan di dunia maya memang tidak mudah lantaran rentan terjadinya kasus penipuan, namun bukan berarti mustahil dibangun.

Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen? Berikut tips yang bisa kamu contek seperti disadur dari buku berjudul “Keamanan Siber E-commerce” yang diterbitkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika:

1. Transparan

Untuk mendapatkan kredibilitas, bersikaplah transparan kepada konsumen tentang produk yang kamu tawarkan, termasuk tentang kebijakan pembatalan atau pengembalian barang. Semua informasi ini harus mudah ditemukan, dan seharusnya tidak membuat konsumen kaget.

2. Responsif

Jika konsumenmu memiliki masalah dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan, segera selesaikan, jangan menunda-nunda. Kamu tidak harus menjadi yang paling sempurna dalam berbisnis agar bisa sukses, tapi kamu harus jujur dan responsif.

Memesan atau membeli produk atau layanan online bagi sebagian orang mungkin mengkhawatirkan untuk pertama kalinya. Jika seseorang membeli darimu dan kemudian mendapatkan masalah, namun tidak dapat menemukan cara untuk menghubungimu atau tidak mendapat respon, jangan harap kamu akan mendapatkan kepercayaan lagi dari mereka.

3. Testimoni

Orang tentu ingin tahu bagaimana pendapat konsumen tentang produk/layananmu. Salah satu caranya adalah lewat testimoni yang diberikan pembeli. Testimoni berperan penting untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dan meningkatkan reputasimu. Karena itu, tampilkan testimoni tersebut secara khusus dan biarkan calon pelanggan lain melihatnya. Namun ingat, jangan melakukan kecurangan dengan membuat testimoni palsu.

4. Rating

Sistem rating dalam toko online dapat membantu membangun kredibilitasmu. Ini membuktikan bahwa tokomu telah diuji orang lain sesuai standar. Semakin tinggi bintang (tanda rating) yang dimiliki, maka tingkat kepercayaan konsumen kepada kamu juga semakin tinggi.

5. Detail Kontak yang Jelas

Untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen, tips lain yang perlu dilakukan adalah memasang detail kontak yang jelas, seperti nama, nomor rekening yang digunakan untuk transaksi jual beli, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sebisa mungkin jangan sering berganti-ganti nomor telepon karena ini akan membuat konsumen takut ditipu. Selain itu, berikan data domisilimu agar konsumen bisa memperkirakan lama waktu pengiriman barang yang dibelinya.