Hadapi Era Digital, YCAB dan Microsoft Persiapkan Generasi Muda Kota Kupang

Oleh: Desy Yuliastuti
Selasa, 30 Januari 2018 | 06:28 WIB
Agar generasi muda Indonesia dapat mengikuti perkembangan teknologi dan menyiapkan SDM digital masa depan, YCAB Foundation dan Microsoft memperkenalkan Digital Skills dan Generasi Bisa! Kepada generasi muda di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur

Agar generasi muda Indonesia dapat mengikuti perkembangan teknologi dan menyiapkan SDM digital masa depan, YCAB Foundation dan Microsoft memperkenalkan Digital Skills dan Generasi Bisa! Kepada generasi muda di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Linda Dwiyanti, Director of  Marketing and Operations, Microsoft Indonesia mengatakan, keterampilan digital, mulai dari literasi komputer mendasar hingga pendidikan sains komputer, akan mempersiapkan generasi muda di masa depan dan membuka pintu peluang ekonomi yang lebih besar.

"Kami bangga dapat bekerjasama dengan pemerintah kota Kupang dan YCAB Foundation untuk menciptakan masa depan lebih baik untuk masyarakat. Seiring dengan era digital yang membutuhkan sumber daya manusia yang melek teknologi dan membantu menciptakan peluang ekonomi dan memastikan setiap orang mampu menghadapi kemajuan era ini, diantaranya melalui Generasi Bisa! dan Digital Skills,” ujar Linda

Selain itu, peserta Microsoft Digital Skills juga akan mempelajari konsep cara berpikir struktural dan ilmu komputer dasar selama sesi Hour of Code (HoC).

Hour of Code (HoC) akan mengajarkan bagaimana ilmu komputer dapat memupuk kreativitas, pemikiran kritis, serta pemecahan permasalahan, yang akan melengkapi para kaum muda dengan keterampilan yang paling dicari oleh pengusaha.

Generasi Bisa! Juga diperkenalkan sebagai platform ketenagakerjaan yang menghubungkan para lulusan SMA/SMK dengan perusahaan pencari tenaga kerja. GenerasiBisa! memiliki berbagai fitur, mulai dari kursus, program mentoring, lowongan pekerjaan, hingga artikel karir.

“Tingkat kelulusan siswa/i SMK dan SMA di Kupang yang hampir mencapai 100%, menjadi salah satu faktor pendorong kami dan Microsoft untuk memperkenalkan GenerasiBisa! kepada mereka yang ingin mencari pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan. Hari ini, telah hadir bersama kami para siswa/i dari Rumah Belajar YCAB di Kupang yang akan mengikuti sesi HoC,” ujar Firza Imam Putra, Head of Development & Communications YCAB Foundation.P

Program yang nantinya akan menjadi bagian dari Rumah Belajar YCAB ini diharapkan mampu menyiapkan masa depan generasi muda di Kupang yang kompetitif dan tidak hanya sekedar menjadi pengguna, tapi juga menjadi pelopor teknologi.