Go-Jek Bantu Majukan Bisnis UMKM Kuliner, Bagaimana Caranya?

Oleh: Desy Yuliastuti
Selasa, 9 Januari 2018 | 16:30 WIB
CEO PT Go-Jek Indonesia, Nadiem Makarim menegaskan kembali komitmen Go-Jek untuk mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner untuk meningkatkan bisnisnya

CEO PT Go-Jek Indonesia, Nadiem Makarim menegaskan kembali komitmen Go-Jek untuk mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner untuk meningkatkan bisnisnya. Bagaimana caranya?

Upaya mendorong geliat sektor UMKM kuliner dilakukan melalui Go-Food Festival yang diadakan pada 19 Desember 2017 sampai 19 Januari 2018 di area pelataran Mal Pasaraya, Jakarta Selatan. Festival ini digelar dengan konsep foodcourt dan melibatkan 30 top merchant Go-Food yang ada di kawasan Jabodetabek.

“Kami ingin membantu UMKM kuliner untuk bisa meningkatkan skala bisnis dan mendapatkan dampak ekonomi yang lebih baik lagi melalui ajang ini,” kata Nadiem Makarim, Founder dan CEO Go-Jek, di Mal Pasaraya, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Dengan bergabung di Go-Food Festival para pengusaha kuliner UMKM tidak perlu menyiapkan dana besar dan mencari pegawai di awal, sehingga mereka dapat terus belajar untuk kembangkan dan ekspansi usahanya lebih baik lagi. Menariknya, pelanggan bisa membayar makanan menggunakan saldo Go-Pay, dengan me-scan QR code Go-Pay penerima melalui HP pengirim saldo.

Nadiem juga menyampaikan, dari total 125 ribu merchant partner Go-Food di Indonesia, saat ini lebih dari 80 persen merupakan pengusaha kuliner yang masuk kategori pengusaha kecil dan menengah. Namun, kadangkala berbagai kendala dialami untuk berkembang.

“Sebab selama ini, kami melihat perkembangan UMKM kuliner sering terganjal karena pendanaan, SDM, dan juga pengetahuan bisnis. Dengan adanya Go-Food Festival, pengguna layanan Go-Food juga bisa langsung datang dan mencicipi makanan dari top merchant yang ada di Go-Food,” lanjut Nadiem.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakata, Sandiaga Salahuddin Uno, turut meninjau kegiatan dan mencoba ragam kuliner di Go-Food Festival. Langkah Go-Jek mengembangkan UMKM kuliner didukung Sandiaga.

“Salah satu prioritas utama pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah untuk mengembangkan usaha mikro, dan salah satu bisnis mikro yang paling berkembang di DKI Jakarta adalah kuliner,” kata orang nomor dua di DKI Jakarta ini.

Oleh karenanya, lanjut dia, Pemprov DKI mendukung upaya-upaya yang dilakukan berbagai pihak, termasuk swasta, dalam mendukung pengembangan UMKM.

“Kami melihat ada berbagai peluang pengembangan UMKM dengan adanya Go-Food Festival,” tutup Sandiaga.