Transaksi Lebih Gampang dengan ShopeePay dengan Fitur Upload QRIS

Oleh: Nur Shinta Dewi
Jumat, 7 Agustus 2020 | 18:09 WIB

ShopeePay, fitur layanan uang elektronik terintegrasi di Indonesia, menghadirkan fitur Upload  QRIS dari Galeri yang memungkinkan para pengguna untuk menyelesaikan transaksi dengan cara mengunggahnya dari galeri foto.

QRIS sendiri merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang merupakan pembayaran menggunakan metode QR Code atau scan barcode dari Bank Indonesia agar proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Dalam rangka menyambut hari UMKM Nasional pada tanggal 12 Agustus, fitur ini bagian dari dukungan ShopeePay untuk pengembangan QRIS yang digagas oleh Bank Indonesia, sekaligus wujud komitmen ShopeePay untuk terus mendukung UMKM dan memberikan pengalaman bertransaksi yang mudah dan aman.

"Sejalan dengan terakselerasinya masyarakat non-tunai di tengah pandemi, kami harap fitur ini dapat mendekatkan merchant-merchant QRIS dan pengguna kami tanpa harus bertemu langsung, sehingga mengembalikan gairah tingkat konsumsi masyarakat dan berkontribusi terhadap perputaran roda ekonomi, dan di saat yang bersamaan memberikan pengalaman bertransaksi yang mudah dan aman bagi para pengguna," kata Cindy Candiawan, Marketing Manager ShopeePay.

Studi dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UI menyatakan, sebanyak 73% UMKM mengeluh karena berkurangnya jumlah pelanggan yang bertransaksi dikarenakan terbatasnya ruang gerak masyarakat untuk keluar rumah dan beraktivitas seperti dulu.

UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak secara signifikan atas diberlakukannya kebijakan PSBB akibat pandemi COVID-19. Tidak sedikit UMKM yang terpaksa harus gulung tikar lantaran berkurangnya pemasukan.

Guna membangkitkan ekonomi UMKM saat ini, ShopeePay sudah terintegrasi dengan 3.7 juta merchant QR Indonesia Standard (QRIS). dengan lebih dari 2.5 juta merupakan pelaku usaha mikro.

Komitmen ShopeePay untuk mendukung UMKM, khususnya di masa pandemi ini juga direalisasikan melalui promo cashback sampai dengan 60% yang bisa dinikmati secara langsung di outlet merchant offline maupun melalui voucher cashback yang bisa didapat di aplikasi Shopee.

Promo menarik juga bisa dinikmati di berbagai kampanye Shopee dan ShopeePay, seperti cashback dan voucher gratis ongkos kirim di berbagai kampanye Shopee, seperti contoh pada puncak kampanye 8.8 Mid Year Sale, menggunakan metode pembayaran ShopeePay.

Pengguna juga berkesempatan untuk mendapatkan produk-produk lokal berkualitas global di kanal khusus karya UMKM, Kreasi Nusantara yang terdapat di aplikasi Shopee.

Produk lokal berkualitas ini dapat didapatkan dengan kemudahan transaksi digital melalui metode pembayaran ShopeePay. Hal ini sejalan dengan antusiasme pemerintah dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang bertujuan untuk mendorong keberlangsungan bisnis mikro dalam masa pandemi.