AllSome Mudahkan Pengiriman Produk E-commerce Antarnegara

Oleh: Ana Fauziyah
Senin, 23 Oktober 2017 | 03:40 WIB
Startup yang berbasis di Malaysia, AllSome menawarkan inovasi dalam pelacakan paket pengiriman produk e-commerce antarnegara

Startup yang berbasis di Malaysia, AllSome menawarkan inovasi dalam pelacakan paket pengiriman produk e-commerce antarnegara. Dengan sistem pelacakan paket melalui pesan singkat, AllSome Track memungkinkan pedagang dan pembeli online mendapatkan informasi terkini mengenai lokasi paket mereka meskipun dikirim antarnegara.

Dilansir dari Digital News Asia (Senin, 23/10), AllSome didirikan pada 2016 oleh dua perempuan muda bernama Ng Yi Ying dari Malaysia dan Liu Yishu dari Tiongkok sebagai partisipasi pada ajang MaGIC Accelerator Programme yang diselenggarakan oleh Malaysia Global Innovation & Creativity Centre.

Baru setahun sejak didirikan, AllSome telah melayani sekitar 1.200 pelanggan yang kebanyakan merupakan pelaku bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Malaysia dan Tiongkok. Tercatat AllSome telah melakukan tracking terhadap sekitar 615.000 paket dan menampung 16.000 pesanan hingga saat ini.

Ng menjelaskan bahwa pelanggan di Malaysia yang membeli barang langsung dari Tiongkok sering menghadapi banyak masalah saat akan refund produk. “Pengiriman bisa memakan waktu 30 sampai 50 hari, yang berarti sudah terlambat untuk melakukan refund ketika paket berada di tangan,” jelas Ng.

AllSome membantu mengatasi masalah tersebut dengan cara menerima paket di gerai mereka di Shenzhen Tiongkok, memeriksa apakah barang sesuai dengan spesifikasi, meneruskan pengiriman ke konsumen atau mengembalikannya ke penjual jika menemukan cacat atau salah kirim.

AllSome telah dilirik investor Chinaccelerator SOS Venture yang berbasis di Shanghai Tiongkok dan telah memiliki kantor pusat di Kuala Lumpur dan Shenzen. AllSome berminat melakukan ekspansi usaha mereka ke seluruh Asia Tenggara termasuk Indonesia.