4 Alat Pemasaran Masa Depan

Oleh: Sukindar
Jumat, 18 Mei 2018 | 10:45 WIB
Beberapa tahun belakangan ini, machine learning telah menjadi hal yang cukup mainstream

Beberapa tahun belakangan ini, machine learning telah menjadi hal yang cukup mainstream. Banyak startup yang mulai bermunculan mengenalkan alat baru yang inovatif.

Bagi proses pemasaran, machine learning merupakan sebuah anugerah, karena dapat digunakan menyaring prospek dengan menggunakan analisis canggih dan mengubahnya menjadi pembeli potensial.

Namun perlu ditegaskan, tidak semua tim pemasaran dapat mengandalkan peralatan yang sama untuk mencapai jumlah penjualan yang sesuai target.

Menurut Brad Anderson, seorang editor di ReadWrite.com, terdapat empat alat yang bisa diandalkan tim pemasaran untuk sukses di masa depan.

Aplikasi Seluler yang Dipersonalisasi

Banyak perusahaan gagal memasarkan produknya diakibatkan karena beberapa permasalahan yang berada di luar kendali tim pemasaran.

Sebagian besar berkaitan dengan produk atau layanan yang memunculkan kebingungan saat digunakan oleh pelanggan.

Meskipun memiliki nilai layanan yang sangat berharga, banyak calon pembeli potensial akan meninggalkan perusahaan karena hal tersebut.

Namun, apabila layanan disajikan dengan format yang ramping, berjalan dengan baik, dan mudah diakses selama pelaksanaan, maka tim pemasaran dapat bekerja tanpa hambatan.

Oleh karena itu personalisasi aplikasi perlu dilakukan, terutama untuk merampingkan dan menyederhanakan sistem asli.

Pencarian Cerdas

Mesin penelusuran berteknologi AI (kecerdasan buatan) akan memotong banyak prospek yang tidak memenuhi syarat, sehingga memudahkan para pengguna dalam mencari layanan atau produk terbaik dari perusahaan.

Baca Juga:
AI dan AR Bisa Ubah Angka Harapan Jadi Pelanggan

Head of revenue Node Greg McBeth menegaskan bahwa kecerdasan buatan sangat berpotensi dalam pemasaran, yang akan memungkinkan perusahaan mendapatkan informasi penting tentang konsumen yang tidak akan mereka lewatkan.

Dengan demikian, perusahaan dapat bertindak sesuai informasi yang diperoleh pada waktu yang tepat dengan pesanan yang tepat.

Chatbots

Saat ini, konsumen modern lebih cenderung suka melakukan bermacam secara mandiri, dari mulai membandingkan harga di toko online, mencari ulasan di media sosial, hingga membaca artikel untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk atau layanan.

Dengan adanya chatbot, konsumen akan lebih terbantu untuk melakukan beberapa hal tersebut dan akan lebih mudah untuk membuat keputusan.

Yang terbaik, chatbot dapat mewujudkan kepribadian merek di belakangnya, dan memberikan calon pelanggan pengalaman yang lebih personal.

Solusi Cloud

Di tahun 2018, kantor sekarang memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga tim pemasar harus diberi keleluasaan untuk mengakses alat dan sumber dayanya.

Sebagai solusinya, perusahaan dapat menggunakan solusi cloud modern yang akan mengizinkan tim pemasaran mengakses  informasi dari mana pun, serta memberdayakan mereka untuk membuat keputusan lebih cepat dan memanfaatkan peluang di lapangan.

Dengan menggunakan teknologi ini, tim pemasar juga dapat melakukan beberapa hal dalam satu pertemuan untuk hal-hal yang biasanya dilakukan dalam beberapa pertemuan.