Ide Bisnis saat Puasa dan Menjelang Idul Fitri
simak beberapa ide usaha untuk Bulan Ramadan sebagai berikut!
Kamis, 21 Maret 2024 | 17:30 WIB
Indonesia dengan populasi penduduk yang besar dan penetrasi internet yang menjangkau hampir setengah penduduknya, menjadikan Indonesia sebagai pasar yang besar dan potensial bagi e-commerce. Menurut data FT Confidential Research, pada tahun 2017 pembeli online melonjak sebanyak 11 juta.
Tak heran jika para pelaku e-commerce gencar melakukan iklan melalui media massa terutama televisi untuk mempromosikan platform mereka agar lebih dikenal publik dan dipilih sebagai tempat para konsumen melakukan transaksi jual beli online.
Dilansir dari Nikkei Asian Review (Kamis, 22/2) yang menyebutkan bahwa perusahaan e-commerce asal Taiwan Shoppe telah menggelontorkan dana sebesar 205,9 miliar rupiah untuk iklan televisi pada tahun 2017, menurut catatan perusahaan monitoring iklan TV Adstensity. Shoppe juga menawarkan pengiriman gratis atau diskon besar selama promosi seperti Shoppingee Big Mobile Shopping Day.
JD.ID, perusahaan afiliasi JD.com dari Cina tercatat menghabiskan 215,6 miliar rupiah untuk iklan TV pada tahun 2017 dengan pesan bahwa produknya asli, menargetkan konsumen yang khawatir dengan risiko penipuan yang sering dikaitkan dengan platform consumer-to-consumer.
Iklan televisi memang dinilai efektif menarik konsumen baru, namun rupanya pelaku e-commerce yang sudah lebih lama bermain di Indonesia tidak bergantung pada iklan televisi. Hal tersebut tercermin dari platform e-commerce lokal Tokopedia yang pada tahun 2017 lalu malah menurunkan belanja iklan televisi mereka 30,8% lebih sedikit dari sebelumnya. Sedangkan OLX menghabiskan 55,3% lebih sedikit.
Dengan belanja iklan yang justru turun, Tokopedia pada tahun lalu justru mengalahkan mengalahkan Lazada Indonesia sebagai toko online paling populer di Indonesia. Disusul oleh Lazada, perusahaan e-commerce yang berbasis di Singapura dan menjangkau seluruh kawasan Asia Tenggara.
Sementara Shoppe sebagai pendatang baru telah menyalip Bukalapak, menjadikan Shopee sebagai e-commerce terpopuler ketiga disusul Bukalapak sebagai startup asli Indonesia yang telah beroperasi sejak 2010 di posisis keempat. Kemudian JD.ID yang juga pendatang baru masuk ke sepuluh besar e-commerce terpopuler bersama platform lain yang lebih dulu beroperasi di Indonesia seperti Blibli, BerryBenka, Elevenia, dan lain-lain.
simak beberapa ide usaha untuk Bulan Ramadan sebagai berikut!
Kamis, 21 Maret 2024 | 17:30 WIBERSPO hadirkan lima koleksi pakaian olahraga berkualitas tinggi dengan harga terjangkau
Kamis, 21 Maret 2024 | 16:36 WIBKamu bisa mendapatkan smartphone dan gadget dengan harga dan promo menarik
Senin, 18 Maret 2024 | 09:36 WIBvisualisasi data yang menarik serta efektif guna mensukseskan bisnis secara keseluruhan Yuk, simak penjelasannya!
Sabtu, 16 Maret 2024 | 11:38 WIBBuat kamu yang pelajar ini dia cara untuk menambah uang:
Rabu, 6 Maret 2024 | 10:02 WIBAnting ini merupakan alat yang lebih baik dalam mendeteksi parameter kesehatan wanita
Selasa, 5 Maret 2024 | 13:57 WIBIntegrasi antara SEEK, Jobstreet, dan Jobsdb menghadirkan AI
Jumat, 1 Maret 2024 | 18:14 WIBBerikut beberapa alasan mengapa data scientist penting buat pembisnis :
Kamis, 29 Februari 2024 | 13:24 WIBMelalui agenda bersama ini, mampu menurunkan emisi karbon
Kamis, 29 Februari 2024 | 11:22 WIBTips membangun pondasi finansial yang kuat dan juga meningkatkan nilai personal kredit-mu:
Rabu, 21 Februari 2024 | 15:57 WIBAda banyak tools untuk mendapatkan strategi marketing. Berikut empat tools dasar yang bisa digunakan:
Selasa, 20 Februari 2024 | 14:38 WIBRencana strategis pengembangan ekosistem digital di Indonesia:
Selasa, 20 Februari 2024 | 14:18 WIBBerikut beberapa pandangan iCIO Community dampak transisi politik terhadap TI di Indonesia:
Kamis, 15 Februari 2024 | 12:21 WIBberikut daftar franchise dengan modal Rp20 juta saja:
Selasa, 13 Februari 2024 | 18:13 WIBBerikut adalah deretan manfaat dari teknologi AI
Senin, 12 Februari 2024 | 18:20 WIB