LogoDIGINATION LOGO

60 Persen UKM di ASEAN Berinvestasi ke Teknologi pada 2018

Oleh Ana Fauziyah Kamis, 22 Februari 2018 | 05:26 WIB
Share
Sebagian pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) menyadari bahwa kebutuhan untuk berinovasi dan berinvestasi di bidang teknologi sangat diperlukan dalam menghadapi era industri digital
Share

Sebagian pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) menyadari bahwa kebutuhan untuk berinovasi dan berinvestasi di bidang teknologi sangat diperlukan dalam menghadapi era industri digital.

Melalui riset yang diselenggarakan akan oleh United Overseas Bank (UOB), EY dan Dun & Bradstreet, terungkap bahwa bahwa tiga dari lima atau 60% UKM di ASEAN akan memfokuskan investasi mereka pada teknologi dibandingkan aset tetap lainnya pada tahun 2018 untuk membantu mendorong kinerja bisnis.

Dilansir dari Digital News Asia (Kamis, 22/2), riset bertema ASEAN SME Transformation Study tersebut menyebutkan 78% UKM di ASEAN mengatakan bahwa mereka akan berinvestasi secara khusus dalam perangkat lunak seperti memperbaiki website mereka dan membuat aplikasi mobile.

Mereka percaya bahwa inovasi semacam itu akan memungkinkan mereka menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Bahkan 63% persen UKM di Singapura menganggap inovasi teknologi dan digitalisasi sama pentingnya dengan investasi aset seperti pabrik dan mesin.

Liew Nam Soon, Managing Partner EY Asean Markets, Ernst & Young Advisory Pte Ltd. mengatakan, “Ada peluang yang signifikan bagi UKM di kawasan ini untuk meningkatkan kemampuan digital mereka. UKM biasanya berhati-hati dalam mengadopsi teknologi mutakhir. Tapi itu berubah ketika mereka melihat perkembangan otomatisasi, robotika, kecerdasan buatan, 3D printing dan lain-lain.”

“Ke depan, para UKM perlu mencari talenta dengan pengalaman mumpuni di bidang digital, seperti spesialis data dan analis untuk membantu mereka mentransformasikan diri secara efektif ke arah digital,” imbuh Liew Nam Soon.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Digital News Asia
TAGS
LATEST ARTICLE

Nih, Peluang Investasi Baru: eSport!

Industri eSport menjadi sorotan para investor karena menjanjikan keuntungan yang besar dalam beberapa tahun investasi. Namun sebelum memulai investasimu di dunia eSport kamu harus mengetahui 4 hal ini.

Jumat, 7 Desember 2018 | 16:15 WIB

Aplikasi yang Bikin ODHA Tak Terkucilkan

Data tahun 2017 menunjukkan bahwa ada 36,9 juta orang hidup dengan HIV/AIDS. Stigma, diskriminasi dan kurangnya pengetahuan tentang penyakit ini semakin memperparah keadaan

Rabu, 5 Desember 2018 | 12:19 WIB

Hidup Tanpa Digital? Mungkin, Gitu?

Hidup kita perlahan-lahan telah diambil alih oleh teknologi di semua sisi. Teknologi dan digitalisasi telah mengubah cara kita bekerja, belajar, dan bersosialisasi

Selasa, 4 Desember 2018 | 16:15 WIB

5 Aplikasi Wajib Bagi Pengusaha, Sudah Install?

Kegiatan yang padat ditambah dengan segudang urusan bisnis biasanya membuat seorang pengusaha harus sering berpindah tempat, sehingga pemantauan bisnis harus dilakuan secara mobile. Ketahui aplikasi yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha demi ke

Selasa, 4 Desember 2018 | 11:15 WIB

Pastikan Miliki 5 Hal Ini Untuk Jadi Mompreneur

Memang tidak mudah menjadi mompreneur. Tentunya membutuhkan trik dan strategi tersendiri agar keduanya bisa berjalan seimbang dan lancar. Berikut adalah 5 tips yang perlu kamu ketahui untuk memulai karir menjadi mompreneur.

Senin, 3 Desember 2018 | 11:15 WIB

Asisten Google Tiru Stiker Angkot

Anda sopan kami segan. Anda asyik, kami santai. Anda usik, kami Bantai! Filosofi supir angkot itu kini muncul di Google Assistant.

Minggu, 2 Desember 2018 | 12:30 WIB

Masih Gagal Bangun Pagi? Coba 3 Kiat Ini!

Karena bangun pagi adalah salah satu kunci keberhasilan! Simak kiat-kiat untuk mengatasi kegagalan bangun pagi yang masih kamu alami.

Sabtu, 1 Desember 2018 | 11:30 WIB