LogoDIGINATION LOGO

Begini Perilaku Belanja Online Jelang Tahun Baru Imlek

author Oleh Desy Yuliastuti Kamis, 15 Februari 2018 | 11:10 WIB
Share
Imlek memang tidak lepas dari tradisi membeli baju baru
Share

Imlek memang tidak lepas dari tradisi membeli baju baru. Terkait kebiasaan ini, ShopBack melakukan survei perilaku belanja terhadap lebih dari 1100 responden berusia 18-28 tahun di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar.

Survei menunjukkan, lebih dari setengah responden (54,9%) mengaku membeli baju baru untuk merayakan Imlek di toko online. Menariknya, terdapat perbedaan mencolok akan pola perilaku belanja saat imlek antara Wanita dan Pria. Wanita ternyata lebih senang membeli baju di platform online, sedangkan Pria lebih senang membeli baju di toko offline, seperti Mall, Butik dan Toko Baju.

Dari 42,9% responden yang mengaku masih menerima Angpao akan menyisihkan beberapa persen dari uang yang diterima untuk di tabung. Berdasarkan survei, nilai rata-rata keseluruhan responden akan menyimpan sebanyak 52% dari uang Angpao yang diterima sebagai tabungan, dan sisanya 48% digunakan untuk berbelanja (membeli barang/produk, buat makan-makan, dan jalan-jalan).

Baca juga: 5 E-Commerce Favorit Masyarakat Saat Imlek

Survei juga menunjukkan 40,1% responden sudah mulai membeli perlengkapan Imlek seminggu sebelum perayaan Imlek berlangsung. Sebanyak 24% mulai membeli perlengkapan dua minggu sebelum dan 16,4% sebulan sebelum.

-

Co-Founder & Country Head of Shopback Indonesia, Indra Yonathan mengatakan kondisi ini berbeda jauh dari tahun lalu di mana masyarakat masih enggan berbelanja online.

“Dulu masyarakat masih enggan untuk menghabiskan banyak uang untuk berbelanja online. Hal ini disebabkan tingkat kepercayaan serta keamanan dalam bertransaksi online masih terbilang rendah pada saat itu,” jelasnya.

Baca juga: Alibaba Kaget Dengan Perilaku Jualan Online Di Indonesia

Adapun menurut riset yang ShopBack lakukan dengan menggunakan Google Trends, keyword pencarian mengenai kebutuhan Imlek sudah mulai marak seminggu sebelum Imlek berlangsung. Bahkan dalam sebulan terakhir, masyarakat sering mencari informasi mengenai penjualan pernak-pernik Imlek.

Pada Imlek tahun 2018 ternyata masyarakat Indonesia juga masih membutuhkan informasi  mengenai penjual pohon jeruk Imlek sebagai hiasan saat imlek, secara online. Keyword pencarian tentang pohon jeruk Imlek ini pun meningkat 8 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB