LogoDIGINATION LOGO

Pos Indonesia Perluas Jaringan Logistik E-commerce

author Oleh Ana Fauziyah Selasa, 13 Februari 2018 | 10:57 WIB
Share
PT PT Pos Indonesia (Persero) bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) hari ini melucurkan Kios-Pos, program kemitraan yang memungkinkan mitra Kioson untuk menyediakan layanan Pos dengan pola Agenpos
Share

PT PT Pos Indonesia (Persero) bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) hari ini melucurkan Kios-Pos, program kemitraan yang memungkinkan mitra Kioson untuk menyediakan layanan Pos dengan pola Agenpos. Dengan menjadi Agenpos, pemilik kios-kios mikro yang menjadi mitra Kioson dapat melayani jasa kurir seperti penjualan produk-produk Pos Indonesia seperti Layanan Jasa Kurir (pengiriman surat-paket), Layanan Jasa Keuangan (Pospay), Penjualan Prangko dan Materai.

Kerjasama tersebut dimaksudkan untuk mendukung industri e-commerce di Indonesia yang mulai berkembang pesat serta untuk memberdayakan mitra pelaku usaha mikro lewat berbagai layanan terpadu bersama Pos Indonesia.

“Transformasi bisnis itu luar biasa. Pos yang dulu ngantar surat sekarang nganter paket belanja online. Dari itu, kita buka networking yang lebih luas sehingga pelanggan kita bisa menggunakan jaringan ini. Pembayaran bisa dilakukan di Kioson jadi memudahkan pelaku e-commerce,” ujar Charles Sitorus, Direktur Informasi dan Teknologi PT Pos Indonesia saat acara penandatanganan kerjasama dengan Kioson (Selasa, 13/2).

Charles mengungkapkan bahwa PT Pos Indonesia diminta pemerintah untuk menjadi tulang punggung e-commerce nasional sehingga penting bagi PT Pos Indonesia untuk secara selektif memilih mitra yang terpercaya, mempunyai potensi bisnis jangka panjang dan tentunya memberi manfaat bagi masyarakat.

“Melalui kerjasama ini, baik konsumen dan pedagang e-commerce akan diuntungkan karena kemudahan mengakses barang kebutuhan. Nantinya, para mitra Kioson akan menjadi bagian dari sistem logistik Pos Indonesia terutama bagi pelanggan e-commerce. Hal ini akan membuat pelanggan e-commerce dari kota lapis kedua menjadi lebih mudah dalam membeli barang,” tutur Charles lagi.

Sementara Jasin Halim, Direktur Utama Kioson mengapresiasi kerjasama tersebut sebagai upaya menjembatani underserved market dengan dunia digital, sehingga bisa mendorong kepercayaan masyarakat terhadap dunia digital. “Pertama memberi akses kepada usaha mikro untuk meningkatkan skala usahanya sehingga bisa memberdayakan mereka. Kedua, akan memberikan dampak positif kepada industri e-commerce secara keseluruhan,” terang Jasin.

“Selama ini, logistik masih menjadi permasalahan di berbagai kota di Indonesia. Di antaranya adalah kurangnya jangkauan yang luas dari penyelenggara bisnis jasa kurir. Melalui mitra Kioson yang lokasinya terdaftar dan bekerja sama dengan Pos Indonesia, masyarakat akan lebih mudah mengirim dan mengambil barang tanpa khawatir salah alamat. Sehingga ini akan dapat memudahkan proses pengiriman. Bagi mitra Kioson, hal ini merupakan peluang bisnis tambahan bagi kiosnya,” tutur Jasin lagi.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB