LogoDIGINATION LOGO

Kenapa Usaha Anda Harus Go Online? Ini Keuntungannya

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 12 Januari 2018 | 08:21 WIB
Share
Salah satu kendala pemilik usaha skala rumahan atau lebih dikenal dengan istilah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah strategi pemasaran, yaitu bagaimana mempromosikan produk Anda lebih luas sehingga konsumen mengenal dan membeli produk Anda
Share

Salah satu kendala pemilik usaha skala rumahan atau lebih dikenal dengan istilah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah strategi pemasaran, yaitu bagaimana mempromosikan produk Anda lebih luas sehingga konsumen mengenal dan membeli produk Anda.

Salah satu strategi pemasaran yang sedang berkembang adalah melalui kanal online, lewat marketplace atau media sosial semisal Facebook atau Instagram. Namun sebenarnya apa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika usaha Anda go online dibandingkan jika hanya menjalankan strategi pemasaran konvensional? Berikut adalah keuntungan jika usaha Anda go online yang disusun oleh Digination.ID:

1. Pangsa pasar yang luas dan tidak terbatas

Dengan penduduk Indonesia lebih dari 250 juta jiwa yang setengahnya adalah pengguna internet aktif, hal ini tentunya merupakan pasar yang sangat besar. Apalagi dengan kemunculan generasi millennial yang sangat lekat dengan penggunaan smartphone, pemasaran melalui online akan mudah menjangkau konsumen tanpa terkendala faktor geografis. Tidak hanya itu, jika usaha Anda go online kesempatan menembus pasar luar negeri bukan hal yang mustahil.

2. Meningkatkan brand image

Setiap hal yang berhubungan dengan internet dan memanfaatkan teknologi seringkali dianggap sebagai sesuatu yang canggih. Sehingga mempromosikan produk secara online secara tidak langsung akan membentuk citra produk Anda di pikiran pelanggan sebagai produk kekinian. Apalagi jika pelanggan puas dengan pelayanan Anda dan memberi testimoni positif, maka rating Anda akan naik. Dan tentu saja ini secara tidak langsung akan meningkatkan brand image produk Anda.

3. Meningkatkan inovasi dan kreativitas

Dengan pemasaran online, secara tidak langsung produk Anda memiliki kesempatan dipajang di marketplace dan bersaing dengan merek-merek yang sudah terkenal. Kondisi tersebut bisa menjadi pelecut agar Anda terus berinovasi dan melakukan kreasi semisal memperbaiki pelayanan, mempercantik kemasan, atau melahirkan varian produk lain.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE