LogoDIGINATION LOGO

Tips Transaksi dengan Dompet Digital secara Aman

Oleh Ana Fauziyah Kamis, 11 Januari 2018 | 07:19 WIB
Share
Penggunaan dompet digital semakin memasyarakat dan memudahkan proses kita berbelanja online
Share

Penggunaan dompet digital semakin memasyarakat dan memudahkan proses kita berbelanja online. Namun untuk menghindari terjadinya penipuan dan kerugian saat bertransaksi menggunakan e-wallet, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut yang diberikan oleh Mastercard:

1. Pilih sebuah aplikasi dompet digital dan install aplikasinya

Fitur dan keuntungan yang Anda dapatkan bisa sangat beragam, beberapa aplikasi bahkan menawarkan fitur pemindai (scanner) yang dapat membantu Anda untuk mengelola tiket dan kupon yang sudah Anda beli. Pilihlah dompet digital yang banyak digunakan, memiliki rating tinggi, dan dilengkapi dengan kombinasi fitur yang paling menguntungkan bagi Anda.

2. Sambungkan kartu pembayaran Anda dengan sebuah dompet digital

Anda hanya perlu memasukkan informasi pembayaran Anda dalam aplikasi dompet digital yang telah Anda install. Informasi ini meliputi alamat pengiriman (shipping) dan penagihan (billing), serta metode pembayaran (termasuk nomor kartu kredit dan debit, tanggal kadaluwarsa/expiry dates, dan kode keamanan). Dalam beberapa kasus, Anda juga diminta untuk memasukan informasi biometrik sebagai fitur keamanan tambahan.

3. Sesuaikan smartphone dengan ketentuan yang diperlukan oleh aplikasi dompet digital Anda

Pastikan fitur smartphone Anda sesuai dengan aplikasi dompet digital yang Anda install. Beberapa dompet digital memerlukan teknologi Near Field Communication (NFC) untuk bekerja (teknologi canggih ini memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran hanya dengan sekali tekan). Akan tetapi, tidak semua smartphone dan tablet dilengkapi dengan teknologi NFC, jadi pastikan Anda mengikuti perkembangan terbaru fitur-fitur smartphone.

4. Cari tahu mengenai merchant yang telah mengaplikasikan teknologi dompet digital

Meskipun dompet digital semakin umum untuk digunakan, tidak semua merchant dan situs belanja menerima pembayaran melalui dompet digital. Cari tahu mengenai daftar penjual yang menerima metode pembayaran dengan dompet digital, dengan demikian kegiatan berbelanja akan menjadi semakin mudah, cepat, dan aman.

5.Gunakan dompet digital Anda

Saat Anda akan melakukan pembayaran untuk barang yang telah Anda pilih, dompet digital akan meminta Anda untuk memasukkan sebuah password ketika aplikasi tersebut mengenali sebuah formulir yang dapat diisi. Hal ini akan menjaga agar orang lain tidak dapat melihat informasi personal yang tersimpan dalam sebuah komputer. Selain itu, aplikasi dompet digital juga akan secara otomatis melengkapi formulir tersebut, sehingga Anda tidak perlu repot dengan pembayaran saat berbelanja.

6. Monitor cek dan saldo Anda

Beberapa dompet digital juga dapat membantu Anda dalam melacak transaksi-transaksi Anda, sehingga memungkinkan Anda untuk memonitor pembayaran dan menemukan hal-hal yang ganjil dalam tagihan Anda secara lebih mudah. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar struk pembayaran untuk keperluan pajak dan menyediakan fitur yang dapat memonitor jumlah pengeluaran Anda.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB