LogoDIGINATION LOGO

Machine Learning Akan Jadi Teknologi Terpenting di Masa Depan

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 5 Januari 2018 | 07:17 WIB
Share
Banyak orang berpendapat kemajuan teknologi akan menggeser peranan manusia dalam industri
Share

Banyak orang berpendapat kemajuan teknologi akan menggeser peranan manusia dalam industri. Robot juga dianggap mencuri lapangan pekerjaan manusia. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, machine learning atau pembelajaran mesin mau tidak mau telah menempati peran sendiri dan tidak bisa diremehkan.

Bukannya membuat manusia tergeser, machine learning justru akan memudahkan manusia dan menjadikan kita lebih efektif. Perangkat lunak ini membantu kita mengakses informasi dan menghasilkan keputusan yang lebih baik serta terinformasi, bahkan lebih cepat.

Machine learning sudah ada di sekitar kita termasuk perangkat lunak di telepon, mobil dan rumah, serta di tempat kerja. Menurut Gartner, teknologi AI akan terdapat di hampir semua produk perangkat lunak di tahun 2020 nanti sehingga perusahaan-perusahaan harus bersiap menyediakan teknologi ini dalam operasional mereka.

Perusahaan yang memanfaatkan kekuatan machine learning akan maju dengan pesat, karena mereka mampu mengambil keputusan yang lebih cepat dan efisien. Perusahaan tidak bisa lagi hanya duduk dan menunggu, atau mereka bisa tertinggal.

“Pengadopsian machine learning tumbuh bersama dengan komputasi cloud, untuk alasan yang bagus. Integrasi aplikasi, platform, dan infrastruktur cloud yang mulus itu penting untuk pertumbuhan dan keefektifan machine learning,” kata Chris Chelliah, Group Vice President and Chief Architect, Core Technology and Cloud, Oracle Asia Pacific.

Machine learning mampu menganalisa dan menarik pemahaman data dengan cepat. Ia juga mengidentifikasi tren atau anomali di banyak data, serta bisa memberikan efek transformatif, dari riset klinis hingga compliance dan keamanan.

"Integrasi yang mulus ini akan membuka akses machine learning ke kolam data yang lebih luas, menyingkirkan silos, dan menggambar data dari seluruh perusahaan serta jaringannya,” jelas Chris Chelliah.

Teknologi ini mengurangi waktu menunggu dan rasa frustasi pelanggan, dan menjadikan bisnis lebih efisien. Ia juga memberikan kesempatan bagian pelayanan pelanggan untuk menangani keluhan lain yang lebih unik dan memang membutuhkan campur tangan manusia.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB