LogoDIGINATION LOGO

Alibaba Kaget dengan Perilaku Jualan Online di Indonesia

author Oleh Desy Yuliastuti Kamis, 28 Desember 2017 | 05:32 WIB
Share
Indonesia menjadi peringkat lima negara dengan jumlah pengguna internet tertinggi di dunia
Share

Indonesia menjadi peringkat lima negara dengan jumlah pengguna internet tertinggi di dunia. Data Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebut pengguna internet di Tanah Air mencapai 132,7 juta dari total populasi penduduk sejumlah 256,2 juta orang.

Dari total populasi tersebut, Laporan Tetra Pak Index 2017 menyatakan hampir setengahnya adalah penggila media sosial atau sekitar 40%. Angka ini meningkat dibanding tahun 2016, kenaikan penguna internet berkisar 51% atau sekitar 45 juta pengguna yang dibarengi dengan pertumbuhan sebesar 34% pengguna aktif media sosial.

Peningkatan itu tentu berdampak positif pada perkembangan e-commerce di tanah air. Survei APJII mencatat terdapat 84,2 juta orang melakukan transaksi online dengan nilai mencapai US$ 4,89 miliar atau setara Rp 66,39 miliar.

Menariknya di balik angka fantastis tersebut, Alibaba perusahaan e-commerce raksasa milik Jack Ma, melihat fenomena unik yang hanya ada di Indonesia. Alibaba heran dengan perilaku masyarakat Indonesia yang memanfaatkan media sosial untuk berjualan, padahal sudah ada platform khusus untuk untuk membuat online shop.

Vice President Alibaba Group, Brian Wong, mengatakan idealnya masyarakat lebih memilih menggunakan platform online yang sudah ada ketimbang media sosial, seperti Facebook atau Instagram yang tidak sepenuhnya bisa dipercaya.

“Memang sebenarnya itu bukan satu hal yang dinilai sangat ideal karena memang berbeda pendekatannya. Kita menggunakan metode e-commerce yang sudah ada, seperti Tokopedia dan Lazada yang mana mereka sudah ada payment sistem yang tepat, terpercaya, dan sistem rating lengkap,” kata Brian Wong saat ditemui di acara Alibaba Global Course di Jakarta beberapa waktu lalu. .

Padahal menurutnya, dari sisi talenta UKM yang berpotensi besar juga perlu terus didorong untuk percaya diri memasuki dunia online serta memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usahanya. Investor sekelas Alibaba Group pun yakin pasar Indonesia bakal terus berkembang.

“Indonesia merupakan market terbesar di Asia Tenggara, dalam waktu 5-10 tahun Indonesia akan lebih besar lagi. Para pelaku UKM ini yang menjadi pionir untuk menggerakkan transformasi ekonomi baru,” kata Brian optimis.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB