LogoDIGINATION LOGO

Inilah 10 Situs E-commerce Paling Ramai Dikunjungi selama 2017

author Oleh Ana Fauziyah Kamis, 28 Desember 2017 | 05:24 WIB
Share
Mengakhiri tahun 2017, iPrice Group merilis hasil riset mereka mengenai situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi oleh konsumen Indonesia selama 2017
Share

Mengakhiri tahun 2017, iPrice Group merilis hasil riset mereka mengenai situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi oleh konsumen Indonesia selama 2017. iPrice menganalisis dengan cara mengumpulkan data dari Similarweb sejak bulan Januari hingga November 2017 berdasarkan rata-rata kunjungan bulanan mereka di setiap kuartal

Jika melihat tabel yang dilansir dari Digital News Asia (Kamis, 28/12), Lazada selalu berada di posisi pertama. iPrice melihat hal tersebut dikarenakan Lazada sering melakukan promosi online besar-besaran, seperti pada hari ulang tahun mereka di bulan Maret di kuartal satu (Q1), Ramadan pada bulan Juni di kuartal dua (Q2), 11.11 dan 12.12 di kuartal 4 (Q4).

Tokopedia yang selalu menduduki kedua juga melakukan pergerakan angresif melalui promosi besar-besaran. Misalnya, pada bulan Januari mereka meluncurkan sistem pemesanan tiket kereta api, pada bulan Februari mereka berkolaborasi dengan Unilever.

Sebagai langkah inovatif melihat banyaknya jumlah umat Islam di Indonesia, pada bulan Juni mereka meluncurkan sebuah fitur baru yang disebut "Online Zakat". Unsur pendukung lain yang bisa mendongkrak peringkat Tokopedia adalah ketika Jack Ma pendiri Alibaba Group secara resmi menjadi penasihat e-commerce Indonesia.

Bukalapak menyusul berada di posisi ketiga pada kuartal tiga dan empat, meskipun di dua kuartal sebelumnya masih di posisi keempat. Kenaikan ini bisa disebabkan karena pada tahun 2017 mereka melakukan banyak hal menarik, mulai dari kampanye  fitur baru yang disebut "Buka Emas" di mana Anda bisa membeli emas di platform mereka. Bukalapak juga mendapat suntikan dana baru sehingga mampu menggenjot nilai mereka menjadi salah satu unicorn.

Blibli berada di posisi kelima untuk Q1 dan Q2, namun pada Q3 dan Q4 (Okt-Nov) mereka naik ke posisi keempat. Pada tahun 2017, Blibli melakukan langkah menarik dengan mengakuisisi salah satu agen tiket penerbangan dan perjalanan online terbesar di Indonesia, Tiket.com. Blibli juga berkolaborasi dengan Unilever yang sudah memiliki banyak konsumen.

Shopee bergabung dengan lima besar di penghujung 2017 ini. Di Q2 Shopee berada di posisi ketujuh. Tapi dengan semua promosi, program, dan kampanye, mereka berhasil berakhir di lima besar.

-

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Digital News Asia
TAGS
LATEST ARTICLE