LogoDIGINATION LOGO

Situs E-commerce Paling Dicari selama 2017, Apa Saja?

author Oleh Ana Fauziyah Rabu, 27 Desember 2017 | 09:28 WIB
Share
iPrice telah melakukan riset mengenai perrtumbuhan e-commerce di Indonesia selama tahun 2017
Share

iPrice telah melakukan riset mengenai perrtumbuhan e-commerce di Indonesia selama tahun 2017. Berdasarkan pertumbuhan minat pencarian selama data waktu, iPrice menemukan fakta bahwa Lazada dan Tokopedia menduduki posisi teratas sebagai situs e-commerce pertama dan kedua yang paling banyak dicari pada tahun 2017.

Ada banyak faktor yang melatar belakangi mengapa Lazada berada di urutan teratas pencarian selama 2017, di antaranya karena Lazada melancarkan promosi ulang tahun mereka. Termasuk karena investasi Alibaba yang meningkatkan kepemilikannya di Lazada dari 51% menjadi 83%, juga karena program Online Revolution.

Di posisi kedua situs e-commerce yang paling banyak dicari selama 2017 adalah Tokopedia. Beberapa momentum yang mendukung hal tersebut yaitu investasi baru senilai USD 1,1 miliar dari raksasa e-commerce dari negara panda Alibaba.

Peringkat selanjutnya diduduki oleh Bukalapak sebagai situs ketiga paling dicari disusul Shopee di posisi keempat dan Blibli di posisi kelima. Ada tren menarik mengenai pertumbuhan Shopee yang konsisten selama tahun 2017. Pada bulan Januari 2017, kesenjangan minat pencarian antara Shopee dan Bukalapak sangat besar. Namun pada awal Desember 2017, minat pencarian mereka sedikit lebih tinggi dari Bukalapak.

“Sebagai salah satu pemain termuda, kami melihat banyak usaha dari Shopee untuk menutup celah dengan pemain lain, dari memulai acara belanja mobile mereka, memperkuat komunitas penjual mereka dan banyak inisiatif lainnya,” tulis iPrice seperti dikutip dari Digital News Asia (Rabu, 27/12).

Selain pertumbuhan minat pencarian, iPrice juga menemukan bahwa setiap acara seperti pengumuman atau promosi akan mempengaruhi dan berdampak langsung terhadap minat pencarian. Momen-momen tertentu seperti Ramadan, Hari Belanja Online (Harbolnas), dan promosi ulang tahun.

-

 

Ulasan lengkap mengenai topik ini dapat Anda baca di situs iPrice di link ini

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Digital News
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB