LogoDIGINATION LOGO

Ternyata Tokopedia Sukses Karena Generasi Milenial

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 22 Desember 2017 | 04:10 WIB
Share
Tokopedia, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia mengungkapkan fakta di balik kesuksesan mereka dalam bisnis online adalah karena peran generasi milenial
Share

Tokopedia, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia mengungkapkan fakta di balik kesuksesan mereka dalam bisnis online adalah karena peran generasi milenial. Dalam keterangan resminya (Jumat, 22/12), Tokopedia menyebut sekitar 80% pegawainya adalah generasi milenial.

Tercatat Tokopedia saat ini memiliki kurang lebih 1.800 karyawan Tokopedia yang disebut sebagai Nakama. Dari total sekitar 1.800 orang saat ini, 40% dari Nakama merupakan karyawan perempuan dengan 4 perempuan yang merupakan engineer di Tokopedia.

Nakama sendiri diambil dari bahasa Jepang yang artinya teman yang memiliki hubungan layaknya keluarga, saling mendukung dalam keadaan apapun dengan memberikan semangat untuk berusaha meraih impian bersama-sama.

Semangat kekeluargaan dan berbagi visi misi yang sama, untuk mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital, merupakan dua semangat yang mendasari dan menjadi identitas dari para Nakama Tokopedia. Kedua semangat itu ditanamkan sejak masa orientasi ketika Nakama bergabung dengan Tokopedia.

“Sebelum mulai melebur dalam dunia kerja di divisinya, para Nakama baru akan mengikuti kegiatan orientasi di minggu pertama bekerjanya yang kami namakan Nakama Academy. Melalui kegiatan ini, Nakama juga diajak untuk tahu lebih dalam mengenai misi Tokopedia,” jelas Pramesti Tyas Wibawanti, Head of People Tokopedia.

Di Tokopedia, Nakama juga diajak untuk menyumbangkan 1% waktu kerjanya dalam aksi sosial sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing melalui program Nakama Beraksi. Tyas menambahkan bahwa sebagai perusahaan teknologi, Tokopedia percaya bahwa sumber daya manusia menjadi unsur penting dalam perkembangannya.

“Sejak delapan tahun yang lalu, perkembangan Tokopedia juga tidak lepas dari kerja keras dan semangat bambu runcing Nakama yang bekerja di balik ‘dapur’ Tokopedia,” ujar Tyas.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE