LogoDIGINATION LOGO

Belanja Online, Pilih di Ponsel atau Website?

author Oleh Ana Fauziyah Rabu, 20 Desember 2017 | 09:13 WIB
Share
Tren penggunaan smartphone semakin meningkat akhir-akhir ini sehingga berdampak pada kenaikan konsumen yang berbelanja melalui aplikasi seluler
Share

Tren penggunaan smartphone semakin meningkat akhir-akhir ini sehingga berdampak pada kenaikan konsumen yang berbelanja melalui aplikasi seluler. Hal tersebut mendorong peritel online melancarkan strategi pemasaran yang lebih disukai konsumen.

Banyak konsumen lebih menyukai belanja online melalui aplikasi seluler daripada harus membuka website. Dengan aplikasi seluler, konsumen merasa lebih dimudahkan karena tinggal menekan tombol-tombol ponsel yang memang lebih sering mereka akses tanpa perlu masuk akun di desktop.

Hal tersebut disampaikan oleh Julia Tokareva, seorang konsultan pengembangan software seperti dilansir dari Forbes (Rabu, 20/12). Tokareva merunut beberapa alasan mengapa konsumen lebih memilih berbelanja online melalui aplikasi seluler daripada desktop, di antaranya:

  1. Konsumen cenderung menghabiskan 3 sampai 4 kali lebih lama di aplikasi seluler daripada di desktop.
  2. Aplikasi seluler memiliki tingkat pengabaian keranjang belanja terendah. Persentasenya sebagai berikut aplikasi: 20%, desktop: 68%, dan situs seluler: 97%.
  3. Pelanggan menghabiskan dua kali lebih banyak uang untuk aplikasi seluler daripada di desktop atau situs seluler.
  4. Nilai pesanan rata-rata pada aplikasi seluler adalah 140% lebih tinggi daripada di situs seluler dan 130% lebih tinggi daripada di komputer desktop.
  5. Pelanggan dua kali lebih mungkin untuk kembali ke aplikasi e-commerce seluler dalam tiga puluh hari daripada ke desktop.

Melihat beberapa alasan di atas, menurut Tokareva saat ini banyak pelaku e-commerce yang mengembangkan aplikasi seluler untuk meraih lebih banyak konsumen. Mereka juga memilih mengalihkan bisnis mereka ke aplikasi seluler. Selain alasan yang sudah disebutkan tadi, menurut Tokareva aplikasi belanja online di smartphone lebih sering memberikan penawaran dibanding website.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Forbes
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB