LogoDIGINATION LOGO

Membuka Coworking Space? Perhatikan 4 Komponen Ini

Oleh Ana Fauziyah Rabu, 16 Agustus 2017 | 05:38 WIB
Share
Coworking space adalah tempat kerja bersama yang bisa digunakan oleh individu, kelompok, atau sebuah perusahaan
Share

Coworking space adalah tempat kerja bersama yang bisa digunakan oleh individu, kelompok, atau sebuah perusahaan. Dalam sebuah cowoking, siapa saja bisa berinteraksi, saling bertukar ilmu hingga mempertemukan orang-orang yang sevisi.

Nah, di era modern seperti sekarang, membangun coworking space adalah cara terbaik untuk mendulang rupiah dan juga mempererat jaringan. Sayangnya, membuka coworking space tidak semua membuka kafe atau restoran. Kalau Anda mau membuka coworking space, perhatikan komponen ini.

1. Fokus pada Komunitas

Coworking space bisa laris manis disewa karena banyak komunitas membutuhkannya. Nah, sebelum membangun space atau ruangan, jangan kesampingkan komunitas. Lebih baik mencari banyak komunitas terlebih dahulu. Setelah semua jaringan terhubung, Anda baru bisa membuka coworking space dan mengundang mereka untuk mencoba sebelum akhirnya menyewa.

2. Perhatikan Fungsi Bangunan

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau pembuatan coworking space dibangun untuk mendapatkan penghasilan. Namun, sebelum memfokuskan diri pada bisnis persewaan ruangan, Anda harus memperhatikan fungsinya. Sediakan ruangan yang bermanfaat untuk seminar, ruang rapat, ruang individu, dan sebagainya. Jangan berpikir untuk mematok harga sewa tinggi kalau bangunannya tidak bermanfaat.

3. Cari Lokasi yang Strategis

Membangun coworking space di tengah kota dan di pinggiran tentu memiliki perbedaan yang besar. Para penikmat coworking space biasanya pekerja kantoran atau ahensi. Nah, mereka pasti ingin bekerja di tempat yang tidak jauh dari kantor atau pusat keramaian. Membangun coworking space di pinggiran kota berpotensi tidak laku sehingga Anda akan sia-sia setelah membangunnya.

4. Tarik Komunitas Lokal

Membuka coworking space memang tidak serta-merta akan jadi ramai. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan seperti melakukan promosi ke komunitas lokal. Nah, setelah komunitas atau pengguna lokal tahu, tempat yang Anda bangun akan mulai dikenal banyak orang. Selanjutnya kalau ada acara besar seperti seminar, pihak penyelenggara akan langsung menghubungi Anda untuk melakukan kerja sama.

Inilah empat hal yang harus diperhatikan jika ingin membuat coworking space. Selain empat yang ada di atas, jangan lupa untuk survei atau konsultasi dengan mereka yang pernah membukanya ya. Semoga bermanfaat!

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: https://www.entrepreneur.com/article/240002
TAGS
LATEST ARTICLE

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB

Bisnis Laundry Autopilot Untuk Pensiunan

Bisnis bisa dimulai kapan saja, bahkan ketika pensiun. Bisnis laundry autopilot bisa menjadi pilihan untuk para pensiunan yang tetap ingin menghasilkan walaupun sudah tidak bekerja di kantor.

Jumat, 8 Maret 2019 | 10:12 WIB