LogoDIGINATION LOGO

‘TemanBisnis’ Bantu Mudahkan Perencanaan Keuangan Bagi UKM

Oleh Desy Yuliastuti Kamis, 30 November 2017 | 06:12 WIB
Share
Memiliki rencana keuangan yang komprehensif menjadi suatu keharusan bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
Share

Memiliki rencana keuangan yang komprehensif menjadi suatu keharusan bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Namun, terkadang UKM kesulitan mendapatkan akses modal atau pinjaman bank, salah satunya karena belum mampu membuat laporan keuangan dengan baik.

Agar pengaturan keuangan bisnis UKM lebih profesional, Badr Interactive, startup digital pengembang mobile apps dan web development meluncurkan aplikasi TemanBisnis. Andreas Senjaya, Co-Founder Badr Interactive menyampaikan bahwa aplikasi ini terlahir sebagai bagian dari usaha mewujudkan 10 juta kebaikan yang dicita-citakan oleh Badr Interactive .

“Saat ini Badr Interactive, melalui produk-produknya bermimpi untuk bisa menciptakan mesin kebaikan, yang bisa memberikan 10 juta kebaikan setiap harinya,” ujar Andreas pada diskusi bertema Be Real Muslim, Be Rich Muslim di Code Margonda, Depok, Rabu (29/11).

-

Abidah Syauqina, CEO Teman Bisnis mengatakan dengan aplikasi pencatatan laporan keuangan tidak lagi dilakukan secara manual atau harus membeli perangkat lunak yang harganya mahal. Pengguna serasa memiliki menjadi “asisten digital” dalam genggaman sekaligus wadah edukasi mengenai keuangan.

Adapun fitur-fitur yang ada dalam TemanBisnis, antara lain manajemen kas, laporan keuangan, dan catatan hal-hal penting. Tiga fitur tersebut berperan mengontrol kondisi keuangan, menyajikan komposisi pendapatan dan pengeluaran melalui diagram sehingga mudah dibaca, serta kanal catatan sebagai pengingat kegiatan dan keperluan usaha.

TemanBisnis diharapkan dapat membentuk standar dan pondasi keuangan bagi UKM. Nantinya, akan ada scoring yang menggambarkan jika bisnis yang dijalankan itu sehat atau tidak. “Itu akan menjadi pertimbangan bagi investor untuk membenamkan modalnya,” pungkas Abidah.

Selain TemanBisnis, Badr Interactive juga meluncurkan Yawme, aplikasi ibadah harian untuk muslim. Kedua aplikasi tersebut sudah bisa diunduh di Google Play Store.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
comentar