LogoDIGINATION LOGO

Kunci Bagi Pendiri Startup: Pelototin Satu Hal Saja!

author Oleh Andreas Senjaya Selasa, 12 Maret 2019 | 15:00 WIB
Share
ilustrasi (Shutterstock)
Share

Buat saya ada indikator sederhana agar mood menjalani hari saya jadi sangat baik, yaitu sesederhana bisa bangun pagi kurang dari jam 4, shalat tahajud dan bisa shalat subuh di mesjid.

Kalo dua aktivitas itu sudah bisa terlaksana, Insya Allah seluruh hari saya sisanya akan terisi dengan mood yang baik banget. Melakukan apa-apa akan jadi bersemangat.

Beberapa hal sederhana tapi bisa menjadi kunci sesuatu yang lebih besar ternyata juga terjadi di banyak hal dalam hidup kita. Itu yang biasa kita namakan leading indicator.

Di dunia manajemen startup digital misalnya, kita punya kebiasaan memonitor banyak data dari perkembangan startup kita. Tapi akan lebih mudah buat kita untuk fokus kalau kita bisa ketemu leading indicator, yang dengannya mempengaruhi hal lain yang lebih besar.

Baca juga: Ini Kualitas Founder Startup Anti Gagal

Di awal perjalanan Facebook, mereka punya leading indicator yaitu kalau seorang pengguna sudah punya lebih dari 10 orang teman di Facebook dalam kurang dari 7 hari, maka sebuah kunci kalau ia akan jadi pengguna aktif di Facebook nantinya.

Kelihatan menyederhanakan sesuatu sih emang, tapi hal sederhana ini diperoleh tidak dengan mudah. Harus dengan pengamatan dalam jangka waktu tertentu hingga ketemu pola nya. Dan mencari pola itu sendiri hal yang susah.

Startup-startup di @badrstartupstudio sendiri kita punya kebiasaan memantau datanya rutin sejak berdirinya, dari pengguna harian hingga rasio pengguna yang ga lagi pakai produk kita. Yang akhirnya berbuah kemampuan menemukan alasan dan akar permasalahan atas sebuah fenomena dengan lebih mudah.

Karena kita dah gampang banget kebanjiran informasi sekarang ini, maka akan lebih efisien kalau kita punya leading indicator untuk menyederhanakan njelimet dan banyaknya variabel di sekitar kita. Plus juga mempermudah mengusahakan hal yang mungkin lebih mudah, tapi ternyata bisa men-trigger hal yang lebih besar.

Tulisan ini telah dipublikasikan di akun Instagram pribadi Andreas Senjaya dan diterbitkan ulang di Digination.id atas persetujuan yang bersangkutan.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE