LogoDIGINATION LOGO

Nggak Punya Budget Marketing? Ini 4 Taktik Bebas Biaya!

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Rabu, 6 Maret 2019 | 16:00 WIB
Share
Ilustrasi menaikan penjualan (shutterstock)
Share

Semua bisnis membutuhkan strategi pemasaran. Ide-ide kreatif out of the box sangat dibutuhkan agar bisnismu makin dikenal dan mendatangkan lebih banyak pembeli. Tentunya makin banyak juga keuntungan yang akan didapat.

Biaya marketing bisa mahal ketika kamu harus membayar iklan atau menggunakan influencer. Tapi bukan berarti biaya marketing selalu mahal, ternyata bisa gratis juga, lho!

Untuk kamu yang sedang mengembangkan bisnis kecil dan sangat ketat dalam urusan budget, gunakan strategi berikut untuk menumbuhkan basis pelanggan dan mendatangkan lebih banyak penjualan tanpa biaya yang mencekik leher!

1. Dapatkan wawancara di podcast

Belakangan ini podcast kembali populer untuk didengarkan. Menurut Podcast Insights, 44% populasi Amerika mendengarkan podcast, pun di Indonesia yang saat ini sedang in juga. Menurut survei podcast Indonesia, 70% responden tahu apa itu podcast dan 80% diantaranya mendengarkan podcast dalam 6 bulan terakhir.

Sebagai entrepreneur yang cerdas, kamu bisa memanfaatkan tren ini!

Jadikan podcast sebagai alat marketing. Temui para podcaster dan mintalah untuk diwawancara di shownya. Cara ini bisa menjadi jalan efektif untuk memasarkan bisnismu menjangkau pelanggan potensial baru. 

Baca juga: Cobain KASKUS Podcast, Gan!

2. Bermitra dengan bisnis lain

Jika media sosial bisnismu baru tumbuh dan belum mencakup audiens yang cukup besar, pergilah ke tempat yang memiliki audiens lebih besar. Idenya adalah menciptakan hubungan yang saling menguntungkan. 

Tukar keringatmu dengan potensi mendatangkan audiens lebih banyak, misalnya dengan kerja sama mengisi webinar atau workshop. Kamu bisa mengajarkan keahlianmu sekaligus memperkenalkan bisnismu ke audiens yang lebih besar. Biasanya pengusaha menyukai win-win solution seperti ini. 

3. Manfaatkan review pelanggan

Review adalah hal yang sangat penting untuk bisnis. Kenapa? Karena 88% konsumen mempercayai review layaknya rekomendasi teman. Review adalah aset berharga marketing online. Karenanya, kualitas dan pengalaman dalam menikmati produk perlu diperhatikan.

Mulailah dengan meminta review dari pelanggan yang datang, terutama pelanggan setia. Setelah menerima review, jangan lupa memberikan tanggapan. Review bagus, jelek atau netral sekalipun tidak masalah, karena ini bisa menjadi cara efektif meningktkan engagament pelanggan sekaligus alat pemasaran gratis.

Baca juga: Jurus Hadapi Pelanggan ala Apple dan Amazon

4. Membuat loyalty program

Membuat loyalty program tidak harus semahal kedengarannya. Cara yang paling sederhana dengan membuat daftar e-mail. Kamu hanya perlu kertas pendaftaran loyalty program saja. Tarik pelanggan untuk mendaftar dengan menawarkan kupon ulangtahun atau program poin untuk mendapatkan produk gratis.

Jika kamu punya kedai kopi, cetak beberapa kartu dan berikan stamp pada setiap pembelian. Buat program kopi gratis pada stamp ke-10. Ini bisa menjadi salah satu cara mudah untuk memberikan reward pada pelanggan setia.

Untuk menumbuhkan bisnis, kamu perlu meningkatkan strategi marketing. Tak selalu mahal, kamu bisa coba 4 cara di atas untuk membawa makin banyak pelanggan.

Mudah, kan?

Baca juga: Pengguna Go-Jek Makin Setia Gara-gara Hal Ini

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, INC
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB

Bisnis Laundry Autopilot Untuk Pensiunan

Bisnis bisa dimulai kapan saja, bahkan ketika pensiun. Bisnis laundry autopilot bisa menjadi pilihan untuk para pensiunan yang tetap ingin menghasilkan walaupun sudah tidak bekerja di kantor.

Jumat, 8 Maret 2019 | 10:12 WIB