LogoDIGINATION LOGO

Ini 5 Tips Sebelum Membuat Blog

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 4 Maret 2019 | 12:15 WIB
Share
Tips memulai membuat blog. (Foto: Pexels)
Share

Ingin membuat blog untuk mempromosikan perusahaan atau hanya untuk kepentingan pribadi? Yap, memiliki blog merupakan sebuah cara bagi perusahaan untuk meningkatkan kesadaran terhadap merek. Blog juga bisa menjadi tempat mencurahkan dan menyebarluaskan ide.

Jika membuat blog untuk perusahaan, ada baiknya berisi layanan, produk, dan tujuan perusahaan. Dengan begitu, masyarakat akan tertarik mengetahui lebih banyak produk dan layanan yang ditawarkan.

Selain tujuan di atas, sebuah blog juga bisa menjadi sumber penghasilan, lho. Kok bisa? Semakin tinggi traffic kunjungan di blog atau situsmu, semakin tinggi kamu berpeluang mendapatkan keuntungan, misalnya melalui GoogleAds.

Membuat blog bisa gratis jika menggunakan hosting gratisan dari Blogger atau Wordpress. Namun jika ingin mengembangkan blog profesional, disarankan untuk memulainya dengan serius dan tidak asal jadi.

Nah, sebelum memulainya, ini 5 tips yang telah disusun Digination.id

Baca juga: Trik Menghasilkan Uang Lewat Blog

Ilustrasi Website (shutterstock)
Pilihlah platform yang sesuai

Banyak pemula sering dibuat bingung ketika memilih platform blog. Jika masih pemula, plihlah platform yang familiar misalnya WordPress.com atau Blogger.com. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi keduanya relatif mudah dioperasikan bagi pemula.

Temukan nama domain yang cocok

Nama domain adalah identitasmu di dunia maya. So, nama domain yang dipilih harus merupakan nama yang unik sehingga mudah diingat, dicari, diketik, dan disebarkan oleh pengunjung situs.

Buatlah nama baru yang mudah diingat menggunakan kata-kata yang sudah ada tapi jarang digunakan. Kamu bisa mencari kata unik di kamus thesaurus atau gunakan generator nama domain yang sudah banyak di internet.

Tulislah konten yang sesuai dengan produk atau layanan

Selanjutnya, tentukan topik yang sesuai dengan produk atau layanan kamu. Spesifikasi ini perlu sebagai panduan agar tidak melenceng dari topik utama blog. Contohnya jika produk dan usaha kamu di bidang kuliner, topik blogmu juga harus seputar dunia kuliner.

Terlebih lagi jika tujuan blog adalah untuk mempromosikan bisnis, jadi konten blog harus berkaitan dengan bisnismu. Misalnya, kalau area bisnis kamu kuliner tapi isi blog kamu ada konten teknologi, pendidikan, dan perjalanan, bisa-bisa pembaca bingung karena kontennya yang berbeda.

Baca juga: Nama Domain Situsmu Sudah Oke?

Ilustrasi menulis konten blog. (Foto: Pexels)
Tulislah konten yang bermanfaat bagi pembaca

Setiap hari ada jutaan konten baru yang diposting blog di seluruh dunia. So, agar konten yang telah kamu tulis dilirik dan dikunjungi banyak orang, tulislah konten yang mempunyai value bagi pembaca. Value ini bisa didefinisikan sebagai sesuatu yang bermanfaat atau yang dibutuhkan pembaca.

Beberapa cara agar konten yang kamu tulis memiliki value bagi pembaca:

Pertama, mengajari tentang sesuatu. Jika mempunyai pengetahuan dan pengalaman tentang suatu topik, bagilah pengetahuan tersebut kepada pembaca.

Kedua, iklankan berita dan tren terbaru. Tulis tentang berita terbaru yang terkait dengan tema blog. Ini akan menarik lebih banyak pembaca ke blogmu.

Ketiga, konten berisi tips. Tulislah tips dan trik yang terkait dengan tema blog. Kamu JUGA bisa berbagi solusi atas beberapa permasalahan yang mungkin dihadapi pembaca.

Posting konten secara teratur

Nah, jika sudah memiliki blog dan mampu menulis konten yang menarik dan bermanfaat, usahakan untuk selalu meng-update-nya. Postinglah konten secara teratur dan jangan biarkan blogmu seolah hidup segan mati tak mau. Logikanya kalau jarang di-update, mana mungkin pembaca akan mengunjungi blogmu?

Ngeblog yuk!

Baca juga: Bajak Konten untuk Dongkrak Bisnis, Emang Boleh?

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: disarikan dari berbagai sumber
TAGS
RECOMMENDATION

Ini Lho, Tren Content Marketing 2019!

Sebentar lagi 2019, bisnis kamu sudah siap belum? Yuk, intip tren content marketing tahun depan. Supaya nggak ketinggalan.

Senin, 19 November 2018 | 08:30 WIB
LATEST ARTICLE