LogoDIGINATION LOGO

Kapan Waktu Yang Tepat Melamar Pekerjaan?

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Jumat, 1 Maret 2019 | 16:25 WIB
Share
Ilustrasi mencari pekerjaan (shutterstock)
Share

Banyak yang perlu kamu siapkan ketika mengirim lamaran kerja, mulai CV, cover letter dan berkas lainnya. Cara mengirimkannya pun bisa melalui e-mail, situs pencarian kerja atau datang langsung ke perusahaan. 

Waktu mengirimkan lamaran pun nggak boleh sembarangan karena hal ini berpengaruh pada peluang berkas kamu bakal dibaca atau tidak oleh HRD. Nah, inilah waktu terbaik dan terburuk untuk apply pekerjaan. Catat, ya...

Bulan terburuk melamar kerja

Rekrutmen sebenarnya dilakukan sepanjang tahun. Tetapi jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, proses rekrutmen di bulan Juni hingga Agustus cenderung berjalan lebih lambat. Mengap? Karena pada bulan tersebut adalah musim liburan, sehingga kemungkinan banyak karyawan mengambil cuti untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga. 

Sehebat apapun CV yang kamu kirimkan berpeluang besar untuk tidak terbaca. Alih-alih melamar pekerjaan, inilah waktu yang tepat untuk meningkatkan skill, berjejaring, menyempurnakan kembali CV dan profil LinkiedInmu. 

Baca juga: Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Melamar Kerja!

Ilustrasi melamar pekerjaan (shutterstock)
Bulan terbaik melamar kerja

Dilansir dari Fast Company, waktu paling tepat untuk mengirim lamaran pekerjaan adalah pada kuartal pertama, khususnya bulan Januari. Situs pencari kerja global, Monster, mengatakan pada Januari terjadi lonjakan signifikan khususnya pada tanggal 27 Januari. Jumlah lamaran tumbuh hingga 75% di atas rata-rata harian.

"Anggaran perusahaan sudah selesai disusun dan para manajer akan fokus mencari pengisi posisi-posisi yang kosong pada bulan Januari," kata Kris Dunn dari Kinetix HR, perusahaan rekrutmen berbasis outsourcing.

Dikutip dari the Ladders, Januari menjadi waktu terbaik untuk melamar kerja karena pada bulan ini para karyawan sudah pulang dari libur natal dan tahun baru sehingga memiliki gairah untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Selain itu, di awal tahun baru ada kemungkinan perusahaan sudah menata anggaran untuk memperkerjakan lebih banyak karyawan.

Selain Januari, dilansir dari Monster, Februari, September, Oktober dan November juga merupakan bulan yang bagus untuk melamar pekerjaan.

Baca juga: Mmm, Pilih Kerja atau Bisnis, Ya?

Hari terbaik melamar kerja

Para ahli menyarankan hari terbaik untuk melamar pekerjaan adalah hari Senin atau Selasa. Studi Bright.com, situs pencari kerja, menemukan pelamar memiliki kemungkinan besar untuk maju ke proses selanjutnya atau dipanggil wawancara, jika mengirimkan lamaran pada hari Senin.

"Para ahli telah menyarankan bahwa Senin atau Selasa cenderung menjadi saat yang lebih baik untuk merespon (lamaran kerja)," kata Jodi Chavez, presiden Randstand Professional, perusahaan rekrutmen global.

The Muse menemukan 1 dari 3 orang melamar pekerjaan pada hari Senin dan sebagian besar lamarannya berhasil bergerak maju.

Di sisi lain, hari Sabtu dianggap sebagai hari terburuk untuk mengirim lamaran pekerjaan. Diperkirakan hanya sekitar 14% yang berhasil maju ke proses perekrutan selanjutnya.

Jadi apalagi yang kamu tunggu, tandai kalendermu sekarang juga untuk waktu terbaik melamar pekerjaan. Terus berusaha untuk mendapatkan pekerjaan impianmu, ya!

Good luck!

Baca juga: Baru Lulus Kuliah? Ini Tips Dapatkan Pekerjaan Impianmu!

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Fast Company, INC, The Ladders, The Muse, Monster
TAGS
RECOMMENDATION

Ekonomi Digital Ciptakan Pekerjaan Baru

Implementasi ekonomi digital dinilai akan menciptakan banyak pekerjaan-pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada, juga mengganti peran tenaga kerja manusia

Selasa, 20 Februari 2018 | 11:45 WIB

10 Tips untuk Mengalahkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaa ini terkesan sepele namun jika terus-menerus dibiarkan akan berdampak besar. Kebiasaan jelek ini bisa mengganggu karier dan kepercayaan dirimu.

Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIB
LATEST ARTICLE