LogoDIGINATION LOGO

5 Hal Penting yang Membuat Entrepreneur Sukses dalam Bisnis

author Oleh Ana Fauziyah Rabu, 16 Agustus 2017 | 05:16 WIB
Share
Di zaman yang serba susah seperti sekarang, membuka lapangan pekerjaan sendiri adalah hal yang sangat dianjurkan
Share

Di zaman yang serba susah seperti sekarang, membuka lapangan pekerjaan sendiri adalah hal yang sangat dianjurkan. Program entrepreneurship mulai digalakkan untuk membuat generasi muda mau bekerja dengan baik tanpa harus berpaku dengan perusahaan besar atau menjadi pegawai negeri.

Memulai usaha sendiri atau menjadi entrepreneur adalah pekerjaan yang gampang. Namun, mengembangkan usaha itu menjadi maju dan terus berevolusi adalah pekerjaan yang susah. Agar seorang entrepreneur bisa sukses dalam usahanya, mereka harus memiliki lima hal penting di bawah ini.

1. Motivasi

Motivasi adalah hal yang penting saat memulai usaha. Tanpa motivasi yang kuat, usaha yang dijalankan tidak akan bisa berkembang dengan baik. Setiap usaha pasti ada pasang surutnya. Kalau tidak ada motivasi yang kuat, ketika masalah datang mereka akan cenderung menyerah dan tidak mau berusaha.

2. Kreativitas

Usaha selalu mengalami perubahan setiap harinya. Terus berkutat dengan hal yang sama tidak akan membuat usaha jadi berkembang. Bahkan kalau tidak bisa beradaptasi, usaha bisa bangkrut karena tidak memiliki peminat lagi. Nah, agar usaha terus berjalan dengan lancar, kreativitas diperlukan untuk mempertahankan eksistensi.

3. Bekerja Sama dengan Orang Lain

Usaha sendiri memang mengasyikkan, apalagi kalau mendapatkan untung yang besar. Namun, menjalin kerja sama dengan pihak lain akan melipatgandakan keuntungan itu. Usaha bisa berkembang lebih besar dan sumber pemasukan tidak hanya dari satu hal saja. Bisa jadi saat melakukan kerja sama, sumbernya pemasukan jadi lebih banyak.

4. Visi

Memiliki visi atau pandangan ke depan akan membuat pengusaha jadi terus termotivasi. Dengan visi ini, usaha bisa dikembangkan menjadi lebih baik dan besar. Misal pengusaha keripik ingin mengembangkan usahanya hingga ekspor ke luar negeri.

5. Berpikiran Terbuka

Jangan selalu berpikir kalau Anda adalah orang yang paling pintar. Dengarkan saran dari orang lain yang ada di sekitar. Jika saran itu baik, tidak ada salahnya untuk digunakan. Seorang entrepreneur yang sukses pasti terus belajar sampai kapan pun.

Nah, inilah lima hal penting yang membuat entrepreneur bisa sukses di setiap bisnis yang dijalankannya. Semoga bisa dijadikan rujukan sebelum memulai usaha.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB