LogoDIGINATION LOGO

Sst... Ternyata Ini Lho Rahasia Sukses Warren Buffet!

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Kamis, 21 Februari 2019 | 08:15 WIB
Share
Ilustrasi Warren Buffett (shutterstock)
Share

Siapa yang tak kenal Warren Edward Buffett? Pria yang lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat ini terkenal sebagai salah satu investor tersukses sekaligus miliarder. Situs Forbes.com menyatakan kekayaan gentleman yang lahir 30 Agistus 1930 ini mencapai USD 84.6 miliar menempati posisi ke-3 orang terkaya di dunia.

Tak hanya jago "melahirkan" uang, orang yang sering disebut "Wizard of Omaha" (Penyihir dari Omaha) atau "Oracle of Omaha" (Peramal dari Omaha) ini juga merupakan seorang dermawan. Satu dekdae terakhir, ia telah mendonasiakan lebih dari USD 27 miliar pada kegiatan-kegiatan sosial.

Menduduki posisi sebagai komersaris, direktur utama sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway Inc, pria yang di buku tahunan SMA-nya menulis keterangan "menyukai matematika, calon pialang saham" ini memiliki 4 tips sukses yang selalu ia terapkan. Apa saja, ya?

Baca juga: Miliki 5 Kebiasaan Ini Agar Kariermu Melejit!

Berikap empatik (shutterstock)
1. Empati

Di zaman yang modern saat ini, banyak orang yang sudah tidak peduli dengan orang lain. Rasa empati kalah dengan rasa individualis yang tinggi. Padahal rasa empati adalah kunci membangun hubungan dengan orang lain. Sikap ini dapat menjadikanmu pribadi yang lebih baik dan bisa membuatmu meraih kesuksesan. 

Empati merupkan suatu keadaan di mana kamu mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain dan melihat melalui perspektifnya. Empati juga dikenal sebagai salah satu sikap kepemimpinan karena dapat memainkan peran penting dalam memengaruhi orang lain.

Studi DDI, sebuah konsultan kepemimpinan terhadap 15.000 pemimpin perusahaan di 20 industri menemukan bahwa kemampuan untuk mendengarkan dan merespon dengan empati dapat mendorong kerjasama tim, lho!

2. Bekerja dengan senang hati

Menurut laki-laki yang pernah menjadi pengantar koran dan penyemir sepatu ini, ketika kita menikmati pekerjaan, maka kita sedang menikmati hidup. Dalam biografinya yang ditulis oleh Carol J. Loomis, "Tap Dancing to Work: Warren Buffett on Practically Everthing" menulis bahwa laki-laki yang sudah membayar pajak pribadinya saat usia 14 tahuni ini sangat mencintai pekerjaannya.

"Tidak ada pekerjaan yang lebih menyenangkan daripada mengelola Berkshire dan aku beruntung bekerja di sini," katanya. Pria yang membeli saham pertamanya saat berusia 11 tahun ini selalu berusaha menerapkan budaya positif dalam perusahaannya, terbuka pada timnya dan bekerjasama untuk hasil terbaik.

Baca juga: 3 Tips Bekerja Maksimal di Coworking Space

Ilustrasi bekerja dengan passion (shutterstock)
3. Perlakukan orang lain dengan cara yang mereka inginkan

Kamu pasti sering medengar nasihat klasik ini, "Periakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan." Namun di zaman sekarang ada adagium lain yaitu "Perlakukan orang lain dengan cara yang mereka inginkan."

Menurut laki-lak yang pada usia 15 tahun mendapatkan lebih dari USD 175 US per bulan dari mendistribusikan koran Washington Post ini,"Ketika mengikuti nasihat ini, kamu akan lebih bisa menghormati orang lain dan menyadari bahwa setiap orang memiliki situasi dan kondisi yang berbeda."

4. Ikuti passion

Jika memiliki karier dan pekerjaan impian, maka kamu harus mengikuti passion yang menjadi kunci selalu bersemangat dalam kerja. Banyak orang yang hanya menerima gaji tanpa menikmati pekerjaannnya, namun dengan passion apapun yang kamu kerjakan akan terasa mudah dan mengasyikkan.

Mau coba?

Baca juga: Nih, Cara Mengubah Passion Jadi Bisnis!

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Business Insider, CNBC, Forbes, id.Wikipedia.org
TAGS
RECOMMENDATION

3 Formula Sukses Mark Cuban

Kesuksesan merupakan sebuah hal yang banyak dicita-citakan oleh hampir semua orang

Senin, 16 Juli 2018 | 02:42 WIB
LATEST ARTICLE