LogoDIGINATION LOGO

Apa yang Bisa Dilakukan Media Sosial untuk UKM Anda?

Oleh Ana Fauziyah Rabu, 25 Oktober 2017 | 04:12 WIB
Share
Di tengah tingginya biaya promosi, media sosial mampu menjadi salah satu alternatif alat promosi yang sangat ampuh
Share

Di tengah tingginya biaya promosi, media sosial mampu menjadi salah satu alternatif alat promosi yang sangat ampuh. Bahkan tidak sedikit UKM yang menjadikan media sosial sebagai sarana promosi utama untuk menggaet pelanggan.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk membantu bisnis UKM Anda? Ada tiga cara seperti dipaparkan oleh Muhammad Awwaludin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II dalam bukunya yang berjudul Digital Entrepreneurshift sebagai berikut:

1. Media Sosial sebagai Customer Engagement

Media sosial dapat berfungsi sebagi pengikat hubungan Anda dengan pelanggan. Caranya dengan membuat page yang membolehkan pengguna media sosial menjadi anggotanya. Melalui page ini, setiap saat Anda dapat menyapa pelanggan dengan berbagi hal-hal positif seperti cerita yang mengandung hikmah atau kutipan inspiratif. Usahakan tidak hanya post tentang produk agar pengguna merasakan manfaat dengan mengikuti page Anda.

2. Media Sosial sebagi Customer Caring

Media sosial sangat bebas, semua orang bisa melayangkan komplain dengan leluasa. Inilah mengapa setiap komplain harus segera direspon dengan cepat dan tanggap. Jika telat, risikonya adalah akun bisnis Anda akan di-bully. Manfaatkan media sosial sebagai sarana untuk meningkatkan layanan secara maksimal.

Jika pelayanan bagus, pengguna media sosial biasanya tidak segan memberikan testimoni dan ini akan menjadi sarana promosi efektif untuk menunjukkan seberapa besar kepedulian bisnis Anda dalam melayani atau peduli pada pelanggan.

3. Media Sosial sebagai Customer Selling

Media sosial merupakan salah satu alat paling efektif untuk mempromosikan produk. Bukan hanya skala UKM, perusahaan-perusahaan besar juga memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Apalagi jika produk Anda menjadi trending topic, Anda akan mendapatkan promosi gratis yang efektif.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB