LogoDIGINATION LOGO

Ini Dia 10 Situs Terbaik Bagi Freelancer

Oleh Ana Fauziyah Jumat, 8 Februari 2019 | 16:15 WIB
Share
Ilustrasi pekerja freelance. (Foto: Pexels)
Share

Seiring semakin berkembangnya tren gaya hidup digital nomad yang semakin populer, jumlah pekerja remote dan freelance juga semakin meningkat. Banyak yang merasakan manfaat menjadi freelance profesional, meski membangun karier sebagai freelancer tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Agar dikenal dan dipercaya untuk mengerjakan suatu proyek tertentu, kamu perlu membangun jejaring, portofolio, dan menunjukkan keahlian terlebih dulu. Hal ini bisa dimulai dengan mengerjakan proyek-proyek kecil yang tersedia di banyak website penyedia jasa atau layanan freelance.

Yap, apakah kamu sedang mencari penghasilan tambahan? Ingin mencari lapak untuk mengembangkan diri atau memang serius ingin bekerja sebagai seorang freelancer? Berikut daftar 10 situs terbaik untuk freelancer, seperti dilansir dari Entrepreneur, Kamis (7/2).

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Buat Para Freelancer

Ilustrasi bekerja freelance. (Foto: Pexels)
1. Upwork.com

Dengan lebih dari 1,5 juta klien, Upwork menawarkan proyek yang beragam untuk setiap jenis freelancer. Situs ini mengakomodasi baik proyek jangka pendek dan jangka panjang, pekerjaan per jam atau per proyek, juga pekerjaan dengan tingkat kesulitan tinggi atau tingkat pemula. Terlepas dari apapun kedudukan kamu dalam pekerjaan yang sekarang, Upwork menyediakan banyak proyek untuk dikerjakan.

2. Toptal.com

Toptal adalah situs untuk para freelancer berpengalaman dan ahli di bidangnya. Sebelum mendapatkan proyek dalam Toptal, pendaftar harus melalui proses seleksi terlebih dahulu agar terpilih pekerja yang benar-benar berpengalaman dan ahli di bidangnya. Namun kompensasinya sangat sepadan karena Toptal memberi akses ke banyak proyek keren dengan banyak klien perusahaan besar seperti JP Morgan, Zendesk, Airbnb, dan lain sebagainya.

Terlebih lagi, Toptal memberikan kompensasi berupa penghasilan yang lumayan besar. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas Toptal. Komunitas ini sering mengadakan pertemuan dan acara-acara bertema teknologi yang dihadiri anggota dari seluruh dunia.

3. Freelancer.com

Tidak seperti kebanyakan platform lain, selain menawarkan jutaan proyek, Freelancer.com memungkinkanmu untuk bersaing dengan freelancer lainnya untuk membuktikan keahlian kamu. Ini mirip sebuah kontes untuk menjual kemampuan dan keahlian sehingga mampu membuat klien tertarik untuk merekrutmu. Jika kompetitif dan percaya diri, kemungkinan kamu akan menarik banyak klien.

4. Guru.com

Situs ini memungkinkanmu menampilkan pengalaman kerja di masa lalu. Dengan riwayat kerja tersebut, Guru.com mencocokkan pekerjaan apa yang sesuai denganmu. Fitur pencocokan pekerjaan ini dilakukan setiap hari sehingga memastikan kamu tidak kehilangan peluang bagus.

5. 99design.com

Situs 99design.com adalah platform untuk para desainer lepas. 99designs memungkinkan para desainer bersaing dalam kontes desain dan mendapatkan umpan balik saat klien memilih yang terbaik. Cara ini sangat menarik bagi para desainer berbakat untuk membuktikan bakat mereka.

Baca juga: Ini 5 Pekerjaan Ideal Buat Kamu yang Introvert

Ilustrasi seorang fotografer freelance. (Foto: Pexels)
6. Fiverr.com

Fiverr adalah platform untuk jenis-jenis pekerjaan kreatif, termasuk penulis, pembuat film, produser, fotografer, dan banyak lagi. Pengguna dapat mendaftarkan layanan dengan tarif yang ditetapkan sendiri. Selanjtnya Fiverr akan menghubungkan pengguna dengan klien yang membutuhkan.

7. Peopleperhour.com

Ini adalah platform yang bagus bagi para pekerja di bidang industri digital. Situs ini fokus pada proyek-proyek yang berkaitan dengan pengembangan website. Para pekerja profesional yang dicari adalah para desainer web, pengembang web, spesialis SEO, dan lain sebagainya.

8. Freelancewritinggigs.com

Freelance Writing Gigs merupakan situs yang sangat sesuai bagi para penulis, editor, blogger, copywriter, content writer, penerbit, atau kombinasi dari semuanya. Situs ini menyediakan beragam pekerjaan untuk mereka yang senang bekerja di dunia kata-kata.

9. Collegerecruiter.com

Seperti namanya, College Recruiter adalah platform untuk mahasiswa atau lulusan baru yang mencari pekerjaan lepas dari jenis apa pun. Selain menjadi sumber untuk pekerjaan paruh waktu, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai karir para fresh graduated.

10. Kolabtree.com

Kolabtree adalah platform lepas bagi para ilmuwan dan akademisi yang mencari bantuan dalam penelitian, penulisan, dan lainnya. Pekerja lepas yang berkualifikasi PhD biasanya menemukan proyek menulis, mengedit, berkonsultasi dan menganalisis data. Biaya disepakati antara pekerja lepas dan klien setelah koneksi yang sesuai dibuat.

Di antara 10 situs di atas, mana yang paling sesuai untuk kamu?

Baca juga: Baru Lulus Kuliah? Ini Tips Dapatkan Pekerjaan Impianmu

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur
TAGS
RECOMMENDATION

10 Tips untuk Mengalahkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaa ini terkesan sepele namun jika terus-menerus dibiarkan akan berdampak besar. Kebiasaan jelek ini bisa mengganggu karier dan kepercayaan dirimu.

Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIB
LATEST ARTICLE

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB