Cara Mengoptimalkan Profil Bisnis Instagram
Sebagian besar pelaku usaha online yang menggunakan Instagram telah mengetahui bagaimana dasar-dasar menyiapkan profil online miliknya
Selasa, 19 Juni 2018 | 00:45 WIBKonten video sangat diminati di media sosial. Tak heran jika platform media sosial terus mengembangkan fitur video, termasuk Facebook Stories dan Instagram Stories. Kedua platform tersebut sama-sama menyediakan fitur video yang bisa hilang setelah 24 jam sehingga bisa menarik pemirsa. Fitur-fitur ini dengan cepat menjadi alat pemasaran populer yang tidak boleh diabaikan oleh pelaku bisnis dan UMKM.
Instagram Stories dan Facebook Stories memang agak mirip. Sementara Instagram Stories sudah lebih dulu populer, Facebook Stories masih tergolong baru kehadirannya. Tetapi kedua fitur di dua platform tersebut sama-sama menguntungkan bagi pemasaran bisnis.
Lalu di antara Instagram Stories dan Facebook Stories, manakah yang lebih bagus digunakan untuk mendukung strategi marketing bisnis dan UMKM? Simak ulasan yang disarikan dari Business News Daily, Jumat (18/1) berikut ini.
Baca juga: 3 Tips Instagram Stories untuk Dongkrak Penjualan
Instagram tidak memiliki pemirsa sebesar dan beragam seperti Facebook. Namun para penggunanya banyak yang telah mengadopsi Instagram Stories secara antusias. Kelebihan Instagram Stories yaitu memiliki tampilan antarmuka yang ramah dan lebih simpel daripada Facebook.
Instagram juga memiliki opsi untuk mengirim file berformat GIF dan memiliki Story Highlights. Fitur Story Highlights memberi pengguna kesempatan untuk membuat stories mereka menjadi permanen dan tidak menghilang setelah 24 jam. Akun dengan lebih dari 10.000 pengikut juga dapat menambahkan tautan ke cerita mereka.
Kelebihan Facebook Stories
Kelebihan utama dari Facebook Stories adalah fitur tersebut masih tergolong baru diluncurkan, jadi belum banyak yang menggunakannya. Ini memberikan kesempatan lebih besar bagi konten untuk dilihat pemirsa. Mengadopsi sesuatu yang baru di awal-awal selalu memberikan dampak positif.
Kelebihan selanjutnya, Facebook Stories bisa dibagikan di Group Story. Hal ini memungkinkan pengguna berkontribusi pada stories yang dibagikan sehingga akan terjadi pengalaman interaktif. Hal ini belum tersedia di Instagram Stories.
Baca juga: Beriklan di Instagram Stories? Manfaatkan Fitur Tambahan Ini
Memutuskan mana yang lebih baik antara Instagram Stories atau Facebook Stories untuk bisnis tergantung siapa target penjualan bisnismu. Pilihlah platform sesuai pemirsa yang ingin kamu jangkau agar efektif dan sesuai sasaran.
Secara umum, Instagram lebih baik untuk generasi muda sedangkan Facebook lebih baik untuk orang yang lebih tua. Menurut Statista, lebih dari 60% pengguna Instagram berusia 18 - 34 tahun. Sementara kelompok usia paling populer di Facebook adalah 25 - 44 tahun.
Trik yang bisa kamu lakukan adalah jangan memposting konten yang sama di Facebook Stories dan Instagram Stories. Hal ini dikarenakan follower berharap melihat pembaruan dan konten baru setiap hari. Follower yang mengikuti kamu di kedua platform tersebut tentu saja tidak ingin melihat konten yang sama, 2 kali.
Untuk konten yang akan diunggah di stories, cobalah untuk selalu terlihat bagus, elegan dan tidak kekanak-kanakan. Jangan terlalu sering dan banyak menggunakan emoji atau stiker. Stiker, emoji, tagar, dan tag lokasi memang penting jika berhubungan dengan cerita, namun jika digunakan secara berlebihan akan terlihat seperti iklan yang mengganggu.
Pertimbangan penting lainnya ketika memposting video di stories adalah menyertakan teks. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang tidak menaikkan volume ponselnya karena tidak ingin mengganggu orang-orang di sekitar mereka. Jadi agar pesan kamu tetap sampai, sertakan teks sebagai penjelas video.
Jadi, mana yang kamu pilih untuk bisnismu?
Baca juga: Ini Tips Bikin Video Instagram untuk Jualan
Sebagian besar pelaku usaha online yang menggunakan Instagram telah mengetahui bagaimana dasar-dasar menyiapkan profil online miliknya
Selasa, 19 Juni 2018 | 00:45 WIBSeperti yang dijelaskan Kamis, 21 Juni 2018 | 10:29 WIB
Instagram TV atau IGTV resmi diluncurkan pada 21 Juni lalu di San Fransisco, Amerika Serikat
Selasa, 3 Juli 2018 | 08:04 WIBSebelum menjadikan Instagram sebagai kendaraan untuk membawa produk lokalmu ke pasar global, apa sih yang perlu kamu ketahui
Selasa, 21 Agustus 2018 | 16:15 WIBSering manfaatkan Instagram untuk mengembangkan bisnis? Jangan lupa kulik 10 tools berikut, ya...
Selasa, 27 November 2018 | 11:15 WIBEmpat cara jitu untuk kamu belajar Excel dalam konteks bisnis. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!
Rabu, 17 April 2024 | 16:29 WIBBagaimana dengan Perkembangan Tahun 2024?
Selasa, 16 April 2024 | 18:38 WIBberikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!
Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIBKamu yang hendak pulang ke kampung halaman sebaiknya mengetahui aplikasi-aplikasi di bawah ini
Kamis, 4 April 2024 | 16:34 WIByuk simak cara untuk mengelola uang THR dengan baik!
Selasa, 2 April 2024 | 15:59 WIBFitur ChatGPT ini bisa digunakan untuk apa saja ya di bulan puasa? Yuk, simak selengkapnya berikut ini:
Jumat, 29 Maret 2024 | 10:15 WIBsimak beberapa ide usaha untuk Bulan Ramadan sebagai berikut!
Kamis, 21 Maret 2024 | 17:30 WIBERSPO hadirkan lima koleksi pakaian olahraga berkualitas tinggi dengan harga terjangkau
Kamis, 21 Maret 2024 | 16:36 WIBKamu bisa mendapatkan smartphone dan gadget dengan harga dan promo menarik
Senin, 18 Maret 2024 | 09:36 WIBvisualisasi data yang menarik serta efektif guna mensukseskan bisnis secara keseluruhan Yuk, simak penjelasannya!
Sabtu, 16 Maret 2024 | 11:38 WIBBuat kamu yang pelajar ini dia cara untuk menambah uang:
Rabu, 6 Maret 2024 | 10:02 WIBAnting ini merupakan alat yang lebih baik dalam mendeteksi parameter kesehatan wanita
Selasa, 5 Maret 2024 | 13:57 WIBIntegrasi antara SEEK, Jobstreet, dan Jobsdb menghadirkan AI
Jumat, 1 Maret 2024 | 18:14 WIBBerikut beberapa alasan mengapa data scientist penting buat pembisnis :
Kamis, 29 Februari 2024 | 13:24 WIBMelalui agenda bersama ini, mampu menurunkan emisi karbon
Kamis, 29 Februari 2024 | 11:22 WIB