LogoDIGINATION LOGO

Wow, Pemerintah Tokyo Gelontorkan 50 Juta Yen Untuk Turnamen eSport!

Oleh Alfhatin Pratama Selasa, 15 Januari 2019 | 11:15 WIB
Share
Kompetisi eSport (shutterstock)
Share

Teknologi yang terus berkembang membuat ekosistem eSport di berbagai dunia terus meluas, terutama di kawasan Asia. Tidak hanya karena hadirnya banyak developer game atau atlet eSport baru, tapi juga peran otoritas pemerintah setempat yang terus membuka diri terhadap eSport dan organisasi pendukung lainnya.

Salah satu contohnya adalah Jepang.

Ekosistem eSport di Negeri Bunga Sakura ini terus berkembang berkat hadirnya Japan Esports Union (JESU) tahun 2018. Mereka adalah gabungan dari 3 organisasi eSport di Jepang yang sebelumnya terpisah. JESU bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara pemerintah Jepang dengan para pelaku di industri eSport.

Bulan Desember tahun 2018 lalu, Ketua JESU Hideki Okamura pernah mengatakan pada eSport Insider bahwa ia akan terus mendorong popularitas eSport di Jepang ke tahap yang lebih tinggi.

Baca juga: Nih, Peluang Investasi Baru: eSport!

Kota Tokyo, Jepang (shutterstock)
Tahun 2019 kali ini, Jepang kembali mengguncang dunia eSport, tepatnya datang dari kota Tokyo.

Dikutip dari The eSports Observer, Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengumumkan bahwa ia akan mendukung terselenggaranya turnamen eSport besar di kota metropolitan itu. "ESport melibatkan berbagai macam industri. Turnamen yang akan diselenggarakan dapat menjadi peluang dan ajang promosi bagi banyak perusahaan," kata Koike kepada The Japan Times.

Untuk mendukung terselenggaranya turnamen eSport yang direncanakan berlangsung selama 2 hari ini, Pemerintah Tokyo mengalokasikan anggaran pada bulan April 2019 sebesar 50 juta Yen atau sekitar USD 460.900. 

Hingga berita ini ditulis, belum ditetapkan waktu dan tempat yang pasti untuk penyelenggaraan turnamen tersebut.

Dengan salah satu langkah yang dibuat Jepang dalam pertumbuhan ekosistem eSport, diharapkan ekosistem eSport di Jepang dapat meningkat signifikan. Hal ini tentunya memakan waktu yang lama dan usaha yang tidak mudah. Kerjasama antara developer game, atlet eSport, investor, pemerintah, dan pihak lain yang terkait harus terus ditingkatkan.

Kapan di Indonesia dibuat turnamens erupa, ya?

Baca juga: eSports Raup Rp 13 Triliun dari Indonesia, Kamu Sudah Main?

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: The eSports Observer, ESport Insider, Japantimes.co.jp
TAGS
RECOMMENDATION

Masuk Ke eSport, SAP SE Siap Dukung Tim Liquid

Industri eSport merupakan industri yang sedang menggeliat untuk saat ini, dibuktikan dengan semakin banyaknya tim dan kompetisi profesional di bidang ini

Senin, 16 April 2018 | 13:16 WIB
LATEST ARTICLE

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB