LogoDIGINATION LOGO

3 Cara Ubah Kantor Jadi Tempat Seru dan Menyenangkan!

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Minggu, 13 Januari 2019 | 10:00 WIB
Share
Ilustrasi karyawan bahagia (shutterstock)
Share

Lima hari dalam seminggu kamu habiskan waktu di kantor. Lama-kelamaan tentu membosankan dan tak menyenangkan. Faktanya, lingkungan kantor yang tak menyenangkan berkontribusi pada sejumlah masalah kesehatan seperti bertambahnya berat badan, kurang tidur bahkan bisa berdampak mengganggu hubungan pribadi.

Yap! Lingkungan kerja mempengaruhi susana hati, produktivitas dan kinerja karyawan. Itu sebabnya menciptakan lingkungan kerja yang seru dan menyenangkan sangat penting bagi karier dan keberhasilan perusahaan.

Berikut 3 cara yang akan membantu meningkatkan kualitas hidup di kantor dan menjadikannya sebagai tempat yang membahagiakan...

1. Memperbanyak teman

Mungkin tujuanmu pergi ke kantor hanya untuk bekerja dan setelahnya langsung pulang. Untuk beberapa hari, cobalah tinggal sedikit lebih lama untuk mengobrol bersama rekan kerja. Penelitian menunjukkan, hubungan sosial di tempat kerja dapat meningkatkan semangat dan produktivitas kerja. Bahkan dapat memperkecil kemungkinan resign.

Baca juga: Media Sosial Ciptakan 3 Tren Komunikasi Masa Depan

2. Dekorasi meja kerja

"Sama seperti mendekorasi apartemen dan rumah, buatlah meja kerjamu senyaman mungkin," ujar Rachel Brown, co-founder The Wallness Project NYC.

Brown juga menyarankan untuk membawa beberapa foto orang-orang yang kamu cintai seperti pacar, anak atau orang tua serta pernak-pernik yang kamu suka ke kantor. Dekorasi sekreatif mungkin sehingga terasa seperti ruangan pribadi. Membeli satu atau dua tanaman hidup juga bisa jadi pilihan. Penelitian menunjukkan bahwa memberikan 'penghijauan' di meja kerja dapat membuat karyawan lebih fokus dan mengurangi stres.

Baca juga: Jurus Melejitkan Startup Lewat Meja Makan

Ilustrasi walking meeting (shutterstock)
3. Jadwalkan walking meeting

Biasanya meeting hanya dilakukan di ruang rapat dengan posisi duduk. Untuk beberapa kesempatan cobalah cara baru yaitu walking meeting. Yap! Berjalan sambil berdiskusi. Menurut penelitian dari Stanford University, berjalan dapat lebih meningkatkan kreativitas daripada duduk. Siapa tahu sembari jalan nemu ide out of the box.

"Selain itu berjalan keluar ruangan membantumu mendapatkan tambahan vitamin D dan sinar matahari," kata Brown. Penelitian juga menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat memperbaiki mood.

Nah, coba yuk!

Baca juga: Lebih Produktif di Era Digital? Bisa!

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Huffington Post, Business News Daily
TAGS
RECOMMENDATION

10 Tips untuk Mengalahkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaa ini terkesan sepele namun jika terus-menerus dibiarkan akan berdampak besar. Kebiasaan jelek ini bisa mengganggu karier dan kepercayaan dirimu.

Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIB
LATEST ARTICLE

Fajar Merekah Bagi eSport di tahun 2019!

Akhir-akhir ini eSport selalu menjadi perbincangan. Kira-kira bagaimana, ya di 2019? Apa kah eSport semakin populer? Yuk, simak prediksinya.

Kamis, 17 Januari 2019 | 11:15 WIB

Belum Tahu eSport? Yuk, Kenali!

Dunia eSport di 2019 terus berkembang tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Yuk, simak pengenalan dunia eSport berikut ini!

Rabu, 16 Januari 2019 | 16:15 WIB

3 Skill IT yang Wajib Dikuasai para Entrepreneur

Ilmu bisnis dan manajemen saja tak cukup membuat bisnis bertahan. Zaman now, pengetahuan tentang bisnis digital dan IT menjadi yang utama. Apa saja yang harus dipelajari para entrepreneur?

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:15 WIB

Bikin Startup Masih Ribet, Ini Sebabnya!

Peluang membangun startup di Indonesia selalu terbuka lebar. Namun, apakah birokrasi menjadi faktor bergugurannya startup di tengah jalan?

Selasa, 15 Januari 2019 | 08:15 WIB