LogoDIGINATION LOGO

Fintech Paling Inovatif Sedunia, Siapa Saja?

author Oleh Ana Fauziyah Selasa, 17 Oktober 2017 | 07:05 WIB
Share
Setiap tahun Financial Times (FT) menyeleksi banyak perusahaan financial technology (fintech) yang paling inovatif di dunia untuk dipilih sebagai finalis peraih penghargaan Innovation Award pada ajang FT’s Banking Award
Share

Setiap tahun Financial Times (FT) menyeleksi banyak perusahaan financial technology (fintech) yang paling inovatif di dunia untuk dipilih sebagai finalis peraih penghargaan Innovation Award pada ajang FT’s Banking Award. Ajang tersebut tahun ini akan diadakan pada tanggal 30 November 2017.

Berdasarkan daftar yang dikeluarkan oleh FT, berikut adalah daftar fintech paling inovatif sedunia seperti dilansir dari Financial Times (Selasa, 17//10).

1. QCash Financial

Platform pinjaman keuangan mikro QCash Financial didirikan oleh Washington State Employee Credit Union sebagai alternatif untuk cicilan pinjaman yang terlalu mahal. Mereka memerhatikan bahwa sejumlah pelanggan membutuhkan pinjaman jangka pendek dan kecil namun tidak dikabulkan oleh pemberi pinjaman. QCash menawarkan sistem yang dapat mendanai permohonan pinjaman dalam 60 detik tanpa beban administrasi tambahan. Pada tahun lalu, QCash telah mendanai 30.000 pinjaman.

2. Token

Token menciptakan platform perbankan terbuka yang bertujuan memudahkan orang, bisnis dan institusi keuangan untuk memindahkan uang. Dengan menggunakan identitas digital, Token menawarkan cara agar pelanggan bisa memberi akses kepada pihak ketiga ke rincian akun mereka dengan cara yang aman dan sederhana.

3. RSRCHXchange

RSRCHXchange menyediakan marketplace di mana bank dan manajer aset dapat membeli dan menjual riset, serta melacak dan memverifikasi bahwa kegiatan tersebut dilakukan dengan cara yang sesuai dengan MiFiD II yang diberlakukan di Uni Eropa.

4. Bricklane.com

Bricklane.com adalah perusahaan properti online yang mengizinkan siapapun berpartisipasi dengan investasi awal sedikitnya 100 poundsterling. Idenya adalah orang yang ingin menabung untuk deposit rumah bisa melakukannya dengan berinvestasi di pasar properti. Investasi tersebut akan dibelikan rumah yang nantinya disewakan dan menghasilkan keuntungan.

5. Castlight Financial

Castlight Financial bertujuan untuk mencegah terjadinya krisis kredit dengan memberikan cara yang lebih akurat untuk menilai kemampuan konsumen. Castlight Financial akan mengumpulkan data dari rekening bank pelanggan, termasuk pendapatan dan pengeluaran. Data itu akan diolah untuk mengetahui mengenai kemampuan pelanggan mengambil kredit.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Financial Times
TAGS
LATEST ARTICLE