LogoDIGINATION LOGO

Ternyata, Game Bisa Dipakai untuk Belajar Lho

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Rabu, 9 Januari 2019 | 08:30 WIB
Share
Belajar soal integritas lewat game dari KPK (dok. Ludenara)
Share

Masih banyak anggapan game hanya alat hiburan dan menghabiskan waktu belaka. Padahal, kalau tahu caranya, game juga bisa menjadi sarana untuk belajar.

Hal ini yang diangkat dalam Festival Belajar Main yang diadakan oleh Ludenara, 12-13 Januari 2019 di Bandung, Jawa Barat.

Festival Belajar Main dinyatakan sebagai sebuah kegiatan yang didesain khusus untuk memberikan pengalaman sekaligus sosialisasi pendekatan pembelajaran berbasis game (game-based learning).

Di hari pertama, akan diadakan talk show dengan tema “Belajar dan Bermain, Mungkinkah Sejalan?” menghadirkan dua narasumber, yaitu Eko Nugroho dari Kummara yang merupakan Game Designer dan Game Researcher serta ahli di bidang game-based learning, dan Anggayudha Ananda Rasa dari SMA Daarut Tauhid Boarding School Bandung yang merupakan pendidik dan konsultan pendidikan.

Salah satu game yang digunakan untuk belajar di Festival Belajar Main. (dok. Ludenara)

Bukan hanya berupa seminar, kegiatan tersebut akan memperkenalkan secara langsung cara memanfaatkan game dalam pembelajaran.

Misalnya, lewat sebuah game bernama Zakuma, fasilitator dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) akan mengajak peserta mengikuti pembelajaran berbasis game terkait potensi zakat dan berbagai tantangan yang dihadapi.

Ada juga board game integritas yang selama ini digunakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Boardgame integritas bisa meningkatkan pemahaman tentang pentingnya integritas sebagai bagian dari upaya pemberantasan tindak korupsi.

Di hari kedua, Festival Belajar Main juga akan menghadirkan workshop membuat game yang bisa digunakan untuk pembelajaran. Selain itu masih banyak lagi contoh dan jurus-jurus belajar lewat game dalam kegiatan tersebut. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di situs Ludenara.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION

4 Tips Membangun Merek Game

Kampanye secara tradisional, seperti mencari ide, membuat desain, membangunnya, merilisnya, dan mengulanginya terus, tidak cukup berguna dalam membangun game

Senin, 23 April 2018 | 10:55 WIB

Bisnis Board Game? Percayalah Pada Konten Lokal!

“Dunia itu mencari sesuatu yang baru. Jadi, percaya diri lah pada konten Indonesia. Percaya diri pada produk kreatif Indonesia," ujar Joshua Simandjuntak.

Jumat, 26 Oktober 2018 | 16:15 WIB
LATEST ARTICLE

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB

Bisnis Laundry Autopilot Untuk Pensiunan

Bisnis bisa dimulai kapan saja, bahkan ketika pensiun. Bisnis laundry autopilot bisa menjadi pilihan untuk para pensiunan yang tetap ingin menghasilkan walaupun sudah tidak bekerja di kantor.

Jumat, 8 Maret 2019 | 10:12 WIB