LogoDIGINATION LOGO

4 Situs Gratisan Ini Bantu Kamu Bikin Komik

Oleh Ana Fauziyah Selasa, 8 Januari 2019 | 16:30 WIB
Share
Komik digital. (Foto: Webtoon)
Share

Yang ngakunya anak zaman now pasti tahu apa itu Webtoon.Yup, Webtoon merupakan salah satu webcomics yaitu komik yang didistribusikan lewat jaringan internet. Webtoon sendiri adalah salah satu platform penerbitan digital bagi para pembuat komik yang tersedia di web atau mobile seperti Android atau iOS.

Aplikasi ini membuat para pecinta komik beralih media. Dari yang dulunya membaca komik dari buku, kini beralih ke komik digital yang sangat populer di kalangan milenial. Judul-judul komik berikut seperti The Secret of Angels, Si Juki, dan Honey Honey Wedding menjadi sangat populer di kalangan pecinta komik digital ini. Bahkan komik digital hasil karya komikus asal Indonesia berjudul Terlalu Tampan kini diangkat ke layar lebar.

Selain pembaca yang beralih media, para penulis komik juga beralih memanfaatkan media digital dalam proses kreatifnya. Semakin banyak penulis komik strip yang menyajikan hasil karya mereka dalam bentuk halaman digital. Namun apapun medianya, para komikus selalu dituntut untuk menghasilkan gambar yang indah, nyata, dan memiliki jalan cerita yang menarik dan menghibur.

Buat kamu yang suka membuat komik atau sedang belajar membuat komik, kamu bisa memanfaatkan situs pembuat komik untuk membantumu menggambar komik strip. Bukan hanya mempermudah membuat komik, situs-situs tersebut menyediakan berbagai macam template yang bisa kamu pilih sesuai selera. Dilansir dari Mashable, Senin (7/1), berikut adalah situs gratisan yang bisa kamu gunakan untuk membuat komik.

Baca juga: Ini Dia Peluang Karier di Industi Game

Situs pembuat komik digital. (Foto: MakeBeliefsComix.Com)

MakeBeliefsComix.com

MakeBeliefsComix.com adalah situs pembuat komik strip yang cukup mudah untuk digunakan. Situs ini sangat mudah digunakan bahkan untuk anak-anak sekalipun. Tapi meskipun ramah bagi anak, bukan berarti tidak ada opsi bagi pengguna dewasa.

MakeBeliefsComix.com menyediakan berbagai macam karakter tokoh yang bisa dipakai oleh pengguna. Setiap karakter memiliki empat ekspresi berbeda. Dengan menggunakan MakeBeliefsComix.com, pengguna dapat memilih dari 25 karakter untuk mengisi strip komik dua, tiga, atau empat panel untuk membuat komik sederhana.

Bill Zimmerman, pencipta MakeBeliefsComix.com yang juga penulis banyak buku berharap situsnya mampu memberi para komikus pilihan karakter dengan suasana hati yang berbeda dan kesempatan untuk menulis kata-kata dan pemikiran mereka. “Agar kamu dapat menyalurkan kreativitas dan mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru,” tulis Zimmerman di situs tersebut.

Pixton

Pixton adalah situs pembuatan komik yang  memungkinkan kustomisasi sebanyak mungkin tanpa perlu membuat dari awal. Selain menyediakan warna baju bagi karakter, Pixton juga memberikan pilihan kerah, bentuk, lengan, dan ukuran baju. Pengguna juga dapat memilih pose dan emosi untuk setiap karakter. Pengguna juga dapat mengklik dan menyeret anggota tubuh karakter ke dalam postur baru dan dapat menyesuaikan mata, telinga, hidung dan gaya rambut.

Baca juga: Bisnis Board Game? Percayalah pada Konten Lokal

Contoh situs pembuat komik. (Foto: Toondoo.com)

ToonDoo

ToonDoo merupakan situs pembuat komik yang lebih fokus pada proses kretif pengguna namun tetap user friendly. ToonDoo juga menyediakan template karakter dan objek yang beragam. Terdapat juga banyak tools untuk membuat karakter dengan sentuhan gaya kamu sendiri.

Alat TraitR memungkinkan pengguna membuat karakter khusus dan DoodleR memungkinkan pengguna menggambar secara bebas. Jika kamu ingin menggunakan foto kamu sendiri atau gambar lain di komik kamu, kamu dapat memanipulasinya melalui alat foto ImagineR. Tidak seperti situs pembuatan komik lainnya, ToonDoo memiliki opsi untuk menyimpan proyek sedang dibuat sehingga pengguna dapat kembali lagi nanti.

Strip Generator

Karakter-karakter yang disediakan Generators Strip memberi pengguna kesempatan untuk menciptakan gaya pribadi. Meskipun karakter-karakternya sudah tersedia di template, tapi pengguna bisa memberikan sentuhan kreatif dan gaya pribadi ke dalamnya.

Salah satu kemampuan unik Generators Strip adalah tersedia frame yang dapat disesuaikan. Frame ini bisa digeser sedikit lebih lebar atau lebih sempit tergantung keinginan pengguna. Hasil karya kamu juga bisa disimpan dan digunakan kembali.

Baca juga: 5 Langkah Membuat dan Menjual Boardgame Sendiri

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Mashable, Webtoon
TAGS
RECOMMENDATION

4 Tips Membangun Merek Game

Kampanye secara tradisional, seperti mencari ide, membuat desain, membangunnya, merilisnya, dan mengulanginya terus, tidak cukup berguna dalam membangun game

Senin, 23 April 2018 | 10:55 WIB
LATEST ARTICLE

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB

Bisnis Laundry Autopilot Untuk Pensiunan

Bisnis bisa dimulai kapan saja, bahkan ketika pensiun. Bisnis laundry autopilot bisa menjadi pilihan untuk para pensiunan yang tetap ingin menghasilkan walaupun sudah tidak bekerja di kantor.

Jumat, 8 Maret 2019 | 10:12 WIB