LogoDIGINATION LOGO

Ibu-Ibu Mau Bisnis? Coba 5 Peluang Ini

Oleh Ana Fauziyah Selasa, 8 Januari 2019 | 12:10 WIB
Share
Ilustrasi mompreneur (shutterstock)
Share

Istilah mompreneur saat ini semakin booming, merujuk pada sosok ibu yang menjalani dua peran yaitu menjadi ibu rumah tangga sekaligus wirausaha.

Memang sih, tidak semua perempuan bersedia melakoni dua peran tersebut dan masih banyak yang enggan berbisnis sendiri. Alasannya bisa jadi asumsi budaya, takut gagal, keinginan untuk memprioritaskan keluarga, atau merasa tidak memenuhi syarat.

Padahal kewirausahaan dinilai menawarkan akses kepada perempuan ke kekuatan sosial dan ekonomi serta kemandirian finansial yang kuat. Karenanya, semakin banyak ibu yang membesarkan anak sambil menjalankan bisnis pada saat yang sama. Apalagi dengan semakin terbukanya akses kewirausahaan di bidang ekonomi digital.

Jika kamu tertarik menjadi mompreneur, berikut adalah ide bisnis di dunia digital yang bisa kamu coba.

Baca juga: Mau Jadi Mompreneur? Bisa Kok!

Social Media Manager

Media sosial sedang hype saat ini. Berinteraksi melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube telah menjadi cara orang untuk tetap terhubung satu sama lain. Jadi menjadi social media manager merupakan salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Tugas social media manager adalah membantu bisnis kecil atau menengah mengurus media sosial mereka. Pemilik bisnis biasanya terlalu sibuk dan tidak punya waktu untuk melakukannya sendiri. Atau, mereka tidak berpengalaman di bidang pemasaran media sosial.

Pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah dan sangat cocok buat kamu yang pernah bekerja dalam pemasaran digital atau memiliki pengalaman sebelumnya.

Pemilik bisnis yang ingin memanfaatkan kekuatan media sosial dengan senang hati akan membayar untuk keahlian tersebut. Jika sanggup, seorang social media manager bisa menangani dua sampai tiga klien sekaligus lho.

Penulis Freelance

Bagian terbaik tentang menjadi penulis lepas adalah dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja. Bekerja di rumah sembari mengawasi anak-anak bermain atau sambil melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga pun bisa. Yang dibutuhkan hanya laptop dan koneksi internet.

Penulis freelance biasanya dibayar per artikel yang dipublikasikan. Semakin banyak artikel yang kamu tulis dipublikasikan, maka semakin banyak juga pundi-pundi uang yang masuk ke rekening. Ka-ching!

Dengan meningkatnya permintaan untuk konten web, penulis freelance adalah pekerjaan rumahan yang bagus bagi para mompreneur.

Baca juga: Mau Jadi Mompreneur? Ini Tipsnya

Ilustrasi pekerja freelance. (Foto: Pexels)

Internet Researcher

Kita hidup di zaman di mana semakin banyak orang mengkonsumsi informasi online. Publikasi dan blog daring membutuhkan seseorang untuk memeriksa fakta informasi yang mereka bagikan untuk dilihat netizen.

Menemukan informasi yang benar dan relevan membutuhkan banyak waktu, sehingga banyak pebisnis, akademisi, pengacara, pendidik, dan jurnalis bersedia membayar seseorang daripada melakukannya sendiri.

Jika kamu memiliki keahlian dalam penelitian dan pencarian fakta, menjadi internet researcher mungkin menjadi pilihan yang bagus. Pekerjaan bisa dilakukan berdasarkan kasus per kasus dan bisa dikerjakan dari rumah.

Tutor Kursus Online

Jika memiliki keahlian mengenai suatu topik tertentu, kamu bisa mempertimbangkan menjadi tutor kursus online. Apalagi kalau sudah memiliki pengalaman mengajar, manfaatkanlah situs kursus online seperti Ruangguru, Skillshare, dan Udemy.

Airbnb

Airbnb adalah peluang potensial untuk mendapatkan uang dari ruangan di rumah yang tidak terpakai. Ubah kamar yang selama ini menganggur menjadi semacam kamar hotel yang bisa disewa oleh para pelancong melalui situs Airbnb.

Kamar sewaan semacam ini sudah semakin populer di kalangan para traveler di seluruh dunia. Apalagi jika memiliki rumah dekat dengan lokasi wisata, potensi untuk dilirik para pelancong semakin besar.

Pendapatan yang bisa didapatkan mulai dari Rp. 200.000 sampai jutaan rupiah untuk biaya sewa kamar per malam. Tergantung fasilitas yang disediakan untuk penyewa. Lumayan kan?

So, moms, sudah terbayang mau memulai bisnis yang mana?

Baca juga: Pastikan Miliki 5 Hal Ini untuk Jadi Mompreneur 

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Forbes, Fundera
TAGS
RECOMMENDATION

Emak-emak Jago Bisnis, Kenapa Nggak?

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus entrepreneur bisa menjadi solusi perempuan untuk mendapatkan penghasilan tanpa perlu keluar rumah.

Kamis, 8 November 2018 | 16:15 WIB
LATEST ARTICLE

Fajar Merekah Bagi eSport di tahun 2019!

Akhir-akhir ini eSport selalu menjadi perbincangan. Kira-kira bagaimana, ya di 2019? Apa kah eSport semakin populer? Yuk, simak prediksinya.

Kamis, 17 Januari 2019 | 11:15 WIB

Belum Tahu eSport? Yuk, Kenali!

Dunia eSport di 2019 terus berkembang tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Yuk, simak pengenalan dunia eSport berikut ini!

Rabu, 16 Januari 2019 | 16:15 WIB

3 Skill IT yang Wajib Dikuasai para Entrepreneur

Ilmu bisnis dan manajemen saja tak cukup membuat bisnis bertahan. Zaman now, pengetahuan tentang bisnis digital dan IT menjadi yang utama. Apa saja yang harus dipelajari para entrepreneur?

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:15 WIB

Bikin Startup Masih Ribet, Ini Sebabnya!

Peluang membangun startup di Indonesia selalu terbuka lebar. Namun, apakah birokrasi menjadi faktor bergugurannya startup di tengah jalan?

Selasa, 15 Januari 2019 | 08:15 WIB