LogoDIGINATION LOGO

5 Manfaat Tempat Kerja yang Menyenangkan

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Senin, 7 Januari 2019 | 16:05 WIB
Share
Ilustrasi kentor yang menyenangkan (shutterstock)
Share

Siapa yang tidak tahu Google? Raksasa teknologi ini terkenal dengan inovasinya yang luar biasa. Kunci keberhasilannya adalah produktivitas para Googler (sebutan para karyawan Google). Dalam membangun budaya ini, kegembiraan karyawan merupakan faktor utama.

Yap, karyawan yang bahagia akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Tidak hanya meningkatkan produktivitas, berikut  lima alasan lengkap mengapa lingkungan kantor harus dibuat menyenangkan:

 

1. Karyawan yang bahagia akan lebih sehat

Karyawan yang merasa bahagia di tempat kerja akan terhindar dari stress dan rasa cemas. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa karyawan bahagia memiliki variabilitas detak jantung (interval waktu antar detak) yang lebih rendah. Ini erat kaitannya dengan menurunkan risiko terserang penyakit.

Baca juga: Kerja dengan Gembira? Begini Caranya!

Ilustrasi kolaborasi (shutterstock)

 

2. Bersenang-senang di kantor dapat meningkatkan komunikasi dan kolaborasi

65 persen karyawan melakukan lebih dari satu kolaborasi setiap hari. Memiliki waktu bersama rekan kerja dalam lingkungan yang santai dan menyenangkan akan mendorong diskusi yang lebih terbuka dan jujur. Secara tidak langsung, sikap ini juga dapat meningkatkan komunikasi yang lebih efektif antar karyawan.

3. Kebahagiaan dapat menumbuhkan kreativitas

Inovasi adalah jiwa dalam bisnis. Lingkungan kerja yang menyenangkan dapat menginsipirasi karyawan, merangsang imajinasi hingga menumbuhkan kreatifitas. Dengan kondisi ini, lingkungan kondusif, penuh antusiasme dan bersemangat akan terbentuk. Budaya kreatif dapat memupuk inisiatif dan inovasi karyawan.

Baca juga: Cara Kreatif Promosi Lewat Instagram TV

Ilustrasi kentor yang menyenangkan (shutterstock)

4. Lebih bahagia lebih produktif

Karyawan yang merasa tertekan cenderung tidak produktif. Sebaliknya, karyawan yang bahagia, tidak stress dan tidak cemas bakal lebih produktif. Penelitian dari University of Warwick menemukan produktivitas karyawan naik 12 hingga 20 persen jika ia bahagia.

5. Kebahagiaan menghasilkan loyalitas

Kegembiraan dalam bekerja dapat menghasilkan hubungan yang hangat antar karyawan dan atasan. Karyawan yang bahagia bersedia bekerja lebih keras, lebih loyal dan dapat mengembangkan kerjasama tim yang kuat. 

Baca juga: Jangan Ketinggalan! Ini Tren Dunia Kerja di 2019

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: INC, ciphr
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB