LogoDIGINATION LOGO

5 Manfaat Tempat Kerja yang Menyenangkan

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Senin, 7 Januari 2019 | 16:05 WIB
Share
Ilustrasi kentor yang menyenangkan (shutterstock)
Share

Siapa yang tidak tahu Google? Raksasa teknologi ini terkenal dengan inovasinya yang luar biasa. Kunci keberhasilannya adalah produktivitas para Googler (sebutan para karyawan Google). Dalam membangun budaya ini, kegembiraan karyawan merupakan faktor utama.

Yap, karyawan yang bahagia akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Tidak hanya meningkatkan produktivitas, berikut  lima alasan lengkap mengapa lingkungan kantor harus dibuat menyenangkan:

 

1. Karyawan yang bahagia akan lebih sehat

Karyawan yang merasa bahagia di tempat kerja akan terhindar dari stress dan rasa cemas. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa karyawan bahagia memiliki variabilitas detak jantung (interval waktu antar detak) yang lebih rendah. Ini erat kaitannya dengan menurunkan risiko terserang penyakit.

Baca juga: Kerja dengan Gembira? Begini Caranya!

Ilustrasi kolaborasi (shutterstock)

 

2. Bersenang-senang di kantor dapat meningkatkan komunikasi dan kolaborasi

65 persen karyawan melakukan lebih dari satu kolaborasi setiap hari. Memiliki waktu bersama rekan kerja dalam lingkungan yang santai dan menyenangkan akan mendorong diskusi yang lebih terbuka dan jujur. Secara tidak langsung, sikap ini juga dapat meningkatkan komunikasi yang lebih efektif antar karyawan.

3. Kebahagiaan dapat menumbuhkan kreativitas

Inovasi adalah jiwa dalam bisnis. Lingkungan kerja yang menyenangkan dapat menginsipirasi karyawan, merangsang imajinasi hingga menumbuhkan kreatifitas. Dengan kondisi ini, lingkungan kondusif, penuh antusiasme dan bersemangat akan terbentuk. Budaya kreatif dapat memupuk inisiatif dan inovasi karyawan.

Baca juga: Cara Kreatif Promosi Lewat Instagram TV

Ilustrasi kentor yang menyenangkan (shutterstock)

4. Lebih bahagia lebih produktif

Karyawan yang merasa tertekan cenderung tidak produktif. Sebaliknya, karyawan yang bahagia, tidak stress dan tidak cemas bakal lebih produktif. Penelitian dari University of Warwick menemukan produktivitas karyawan naik 12 hingga 20 persen jika ia bahagia.

5. Kebahagiaan menghasilkan loyalitas

Kegembiraan dalam bekerja dapat menghasilkan hubungan yang hangat antar karyawan dan atasan. Karyawan yang bahagia bersedia bekerja lebih keras, lebih loyal dan dapat mengembangkan kerjasama tim yang kuat. 

Baca juga: Jangan Ketinggalan! Ini Tren Dunia Kerja di 2019

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: INC, ciphr
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB

Bisnis Laundry Autopilot Untuk Pensiunan

Bisnis bisa dimulai kapan saja, bahkan ketika pensiun. Bisnis laundry autopilot bisa menjadi pilihan untuk para pensiunan yang tetap ingin menghasilkan walaupun sudah tidak bekerja di kantor.

Jumat, 8 Maret 2019 | 10:12 WIB