LogoDIGINATION LOGO

Mau Sukses? Coba Baca Buku Ini!

Oleh Ana Fauziyah Minggu, 6 Januari 2019 | 10:00 WIB
Share
Ilustrasi membaca buku. (Foto: Pexels)
Share

Memasuki 2019, banyak tren bisnis yang diprediksi bakal terjadi. Sebagai pebisnis, sebaiknya kamu juga tahu agar dapat menghadapi dan menyiasatinya. Salah satu cara untuk menjadi tahu adalah dengan membaca.Kegiatan membaca menjadi sangat penting jika ingin sukses dalam bisnis.

Dengan membaca, kamu bisa menemukan banyak ide yang membuka perspektif baru, juga mendapat banyak wawasan dan pengetahuan. Ilmu baru yang didapatkan juga bisa kamu terapkan langsung dalam bisnis.

Berikut adalah 19 buku untuk memicu ide dan pemikiran kreatif yang Digination.id lansir dari Entrepreneur, Kamis (2/1). Apa saja daftarnya?

1. The Execution Factor: The One Skill That Drives Success, Kim Perell

The Execution Factor mengajak kita mengidentifikasi 5 sifat yang dimiliki orang-orang sukses dalam mewujudkan mimpi dan tujuan mereka. Buku ini ditulis oleh Kim Perell, seorang pengusaha, eksekutif, dan angel investor sukses. Ia menunjukkan bahwa kemampuan untuk mencapai kesuksesan tidak sepenuhnya didasarkan pada ide yang hebat, gelar atau IQ yang tinggi, namun lebih banyak karena kemampuan dalam menyikapi keberhasilan dan kegagalan.

2. Purple Cow: Transform Your Business by Being Remarkable, Seth Godin

Buku dengan judul unik karya Seth Godin ini menunjukkan rahasia strategi pemasaran sukses yang disebutnya dengan istilah purple cow atau sapi ungu. Rahasia tersebut adalah menjadi berbeda dan menarik, memunculkan minat dan mudah diingat orang. Menurut Godin, pemasaran bisnis harus dilakukan secara unik dan berkarakter sehingga akan mudah diingat konsumen.

3. Outliers: The Story of Success, Malcolm Gladwell

Dalam Outliers, Malcolm Gladwell meneliti orang-orang yang telah mencapai kesuksesan luar biasa sehingga dianggap sebagai legenda dalam bidang yang mereka geluti. Ia mengeksplorasi faktor-faktor yang membuat perbedaan antara orang yang sukses dan yang tidak berhasil. Gladwell juga menunjukkan bahwa kesuksesan bukan hanya masalah IQ, tetapi kombinasi dari kerja keras dan peluang.

4You Are a Badass at Making Money: Master the Mindset of Wealth, Jen Sincero

You Are a Badass in Making Money memaparkan konsep bahwa kelimpahan finansial dimulai dengan pola pikir kita. Dalam bukunya, Jen Sincero membantu pembaca mengidentifikasi dan mengatasi keyakinan mereka yang membatasi tentang uang. Pembaca diajak memahami potensi penghasilan dan mendapatkan hasil nyata.

Baca juga: Rekomendasi Buku Wajib Baca Bagi Para Perempuan Pendiri Startup

Ilustrasi buku tentang bisnis. (Foto: Pexels)
5. How Successful People Think: Change Your Thinking, Change Your Life, John C. Maxwell

Orang-orang paling sukses di dunia memiliki satu kesamaan, mereka berpikir dengan cara yang berbeda dari orang lain. Dalam buku How Successful People Think: Change Your Thinking, John C. Maxwell menjabarkan 11 cara berpikir khusus yang dapat dilatih untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, lebih bahagia, dan lebih sukses.

6. Unfu*k Yourself: Get Out of Your Head and into Your Life, Gary John Bishop

Dalam buku ini, Gary John Bishop memberi pembaca alat dan saran untuk menerobos mitos dan anggapan yang membebani mereka. Ia mengajak untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri dengan cara berhenti mengisi kepala dengan hal-hal negatif. Unfu * k Yourself akan membantu membungkam kritik negatif terhadap diri sendiri sehingga membuat kita merasa lebih positif tentang diri dan hidup.

7. When: The Scientific Secrets of Perfect Timing, Daniel H. Pink

Waktu adalah hal terpenting dalam hidup kita. Menurut Daniel Pink, waktu dalam sehari dapat berdampak besar pada pengambilan keputusan kita, seberapa baik kita belajar dan kemampuan kita untuk menjadi efektif dan produktif. Merunut penelitian di bidang Psikologi, Biologi dan Ekonomi, Pink mengungkapkan dalam bagaimana cara mengatur waktu, jadwal, dan ritme hidup kita untuk meraih sukses.

8. Principles: Life and Work, Ray Dalio

Dalam Principles, Ray Dalio berbagi prinsip-prinsip anti-mainstream yang ia kembangkan selama 40 tahun terakhir dalam kehidupan dan bisnis. Melalui prinsip-prinsip ini, Dalio menunjukkan bahwa setiap orang atau organisasi dapat mencapai tujuan mereka.

9. Rise and Grind: Outperform, Outwork, and Outhustle Your Way to a More Successful and Rewarding Life, Daymond John dan Daniel Paisner

Dalam buku Rise and Grind, Daymond John dan Daniel Paisner menunjukkan bagaimana ketabahan dan kegigihan dapat membantu mengatasi setiap rintangan dan memicu banyak keberhasilan. Buku tersebut juga memaparkan strategi rahasia yang dilakukan orang-orang yang sukses mencapai puncak.

10. Good to Great: Why Some Companies Make the Leap and Others Don't, Jim Collins

Dalam Good to Great, Collins mengidentifikasi faktor-faktor yang memungkinkan perusahaan elit untuk melakukan transisi dari sekadar baik menjadi benar-benar hebat. Menggunakan metrik pada kinerja keuangan bisnis, Collins dan tim risetnya mengidentifikasi perusahaan yang memenuhi kriteria untuk sukses dan menganalisis bagaimana mereka mencapai kesuksesan.

11. Make Your Bed: Little Things That Can Change Your Life And Maybe the World, William H. McRaven

Terinspirasi oleh pidato yang disampaikan Laksamana Angkatan Laut William H. McRaven kepada lulusan University of Texas di Austin, buku Make Your Bed menyajikan 10 pelajaran hidup yang diperoleh McRaven selama karier militernya. McRaven menceritakan kisah-kisah hidupnya sendiri dan orang-orang yang ditemuinya selama dinas militer. Menurut McRaven, setiap kesulitan akan dapat dihadapi dengan tekad, kasih sayang, kehormatan dan keberanian.

12. The One Minute Manager, Kenneth Blanchard dan Spencer Johnson M.D.

Selama beberapa dekade, The One Minute Manager telah membantu banyak orang mencapai kesuksesan dalam kehidupan profesional dan pribadi mereka. Buku ini menawarkan prinsip-prinsip yang tidak lekang oleh waktu untuk membantu pembaca agar lebih cepat berhasil dalam dunia yang berubah dengan cepat.

Baca juga: 4 Buku Rahasia Kepemimpinan CEO Dropbox

Ilustrasi membaca buku. (Foto: Pexels)
13. Building a StoryBrand: Clarify Your Message So Customers Will Listen, Donald Miller

Building a StoryBrand merupakan buku yang mengajak pebisnis untuk memberikan sentuhan unik kepada pelanggan. Donald Miller memaparkan 7 poin cerita yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang dapat membantu meningkatkan penjualan.

14. See You at the Top: 25th Anniversary Edition, Zig Ziglar

See You at the Top adalah buku best seller yang telah mengubah kehidupan banyak orang. Buku ini mengajarkan cara membangun citra diri yang sehat, menjelaskan mengapa tujuan itu penting, bagaimana mengaturnya, dan memotivasi pembaca untuk mencapainya. Dalam edisi revisi ini, Ziglar menekankan pentingnya kejujuran, kesetiaan, iman, integritas, dan karakter pribadi yang kuat.

15. The Lean Start-Up, Eric Ries

Sebelum membuat bisnis apa pun, kamu sebaiknya baca The Lean Start-Up. Eric Ries melihat mengapa kebanyakan startup gagal, dan bagaimana kegagalan itu dapat dicegah. Ia juga memaparkan cara membangun perusahaan yang lebih efisien dan meningkatkan kreativitas manusia secara lebih efektif.

16. The 4-Hour Work Week: Escape 9-5, Live Anywhere, and Join the New Rich, Tim Ferriss

Buku ini adalah bacaan wajib bagi siapa pun yang ingin berkecimpung dalam dunia kewirausahaan. Ferriss merinci strategi cerdas seperti outsourcing, mengikuti aturan 80/20 dan proses otomatisasi. 4-Hour Work Week adalah semacam prototype bagaimana membangun karier jangka panjang dan cara melakukan pensiun dini dengan sukses.

17. How to Win Friends and Influence People, Dale Carnegie

Buku terlaris dari Dale Carnegie ini telah membawa banyak orang ke puncak kesuksesan. How to Win Friends and Influence People menawarkan saran sederhana yang dapat membantu membangun popularitas dan memperluas jaringan. Di antara pelajaran penting yang ditawarkannya adalah 6 cara untuk membuat orang menyukaimu, 12 cara untuk menarik orang ke cara berpikirmu dan 9 cara untuk mengubah orang tanpa menimbulkan kebencian.

18. Crush It!: Why NOW Is the Time to Cash In on Your Passion, Gary Vaynerchuk

Jika ingin mengubah hobi dan hasrat menjadi tambang emas di internet, Crush It! adalah buku pedoman yang bagus. Gary Vaynerchuk menjelaskan mengapa dan bagaimana menciptakan merek pribadi dan mengubah minat menjadi bisnis. Ia juga memberi pembaca langkah demi langkah cara memanfaatkan kekuatan internet untuk menjadikan impian wirausaha mereka menjadi kenyataan.

19. Thrive: The Third Metric to Redefining Success and Creating a Life of Well-Being, Wisdom, and Wonder, Arianna Huffington

Ada banyak cara mengukur kesuksesan daripada gaji dan gelar. Maestro di bidang media Arianna Huffington menunjukkan kepada pembaca bagaimana menciptakan gaya hidup di mana kesuksesan diukur dengan sesuatu yang lebih bermakna dan pribadi daripada sekadar uang dan kekuasaan. Pendiri Huffington Post tersebut membagikan wawasan tentang bagaimana menjalani hidup yang bahagia dan sukses, di dalam dan di luar kantor.

Kalau buku favoritmu apa?

Baca juga: 18 Buku Seri Literasi Digital Diluncurkan

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur
TAGS
RECOMMENDATION

Akhirnya Buku tentang E-commerce di ASEAN Diluncurkan

The Competition Commission of Singapore (CCS) akhirnya meluncurkan buku pegangan untuk membantu negara-negara ASEAN mengidentifikasi dan mengenali potensi dan tantangan di bidang e-commerce di wilayah ASEAN

Rabu, 16 Agustus 2017 | 04:28 WIB

3 Tips Ubah Masalah Pelanggan Jadi Sukses

Menggunakan poin permasalahan yang dimiliki oleh pelanggan bisa menjadi sebuah kesuksesan bisnis, namun kita harus menyentuh bagian terdalam dari konsumen, yang sebagian besar adalah kebutuhan khusus

Selasa, 24 April 2018 | 16:37 WIB

4 Ciri Bisnis Sukses Versi Jeff Bezos

Siapa yang tak kenal Jeff Bezos? CEO Amazon ini dikenal berani mengambil peluang bisnis dengan melihat sejumlah indikator keberhasilan. Simak, yuk!

Kamis, 6 September 2018 | 16:30 WIB
LATEST ARTICLE

Fajar Merekah Bagi eSport di tahun 2019!

Akhir-akhir ini eSport selalu menjadi perbincangan. Kira-kira bagaimana, ya di 2019? Apa kah eSport semakin populer? Yuk, simak prediksinya.

Kamis, 17 Januari 2019 | 11:15 WIB

Belum Tahu eSport? Yuk, Kenali!

Dunia eSport di 2019 terus berkembang tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Yuk, simak pengenalan dunia eSport berikut ini!

Rabu, 16 Januari 2019 | 16:15 WIB

3 Skill IT yang Wajib Dikuasai para Entrepreneur

Ilmu bisnis dan manajemen saja tak cukup membuat bisnis bertahan. Zaman now, pengetahuan tentang bisnis digital dan IT menjadi yang utama. Apa saja yang harus dipelajari para entrepreneur?

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:15 WIB

Bikin Startup Masih Ribet, Ini Sebabnya!

Peluang membangun startup di Indonesia selalu terbuka lebar. Namun, apakah birokrasi menjadi faktor bergugurannya startup di tengah jalan?

Selasa, 15 Januari 2019 | 08:15 WIB