LogoDIGINATION LOGO

Tahun 2019, Saatnya Perempuan Ambil Peran!

Oleh Alfhatin Pratama Minggu, 6 Januari 2019 | 15:00 WIB
Share
Perempuan, saatnya mengambil peran! (shutterstock)
Share

Menjadi seorang perempuan di tengah masyarakat yang cenderung patriarkis pasti tidak mudah. Anggapan bahwa perempuan selalu di belakang laki-laki, tidak bisa melakukan pekerjaan 'khusus laki-laki', dan tidak perlu berpendidikan tinggi karena nantinya juga bekerja di rumah masih sulit lepas dari pikiran sebagian besar masyarakat.

Seperti dilansir dari ForbesJill Griffin, founder Jill Griffin Executive Learning menuliskan wishlist atau daftar harapan untuk 2019. Ia berharap tahun ini akan menjadi momen bagi perempuan untuk mengambil peran dalam berbagai sektor, khususnya kepemimpinan dan bisnis.

Apa aja sih yang ditulis Jill? Yuk, simak!

Lebih banyak kesempatan bagi perempuan

Akan ada banyak perempuan berbakat yang masuk dalam jajaran pimpinan perusahaan. Berdasarkan data Catalyst, tahun 2017 ada sekitar 15% perempuan di dunia yang masuk dalam jajaran pimpinan perusahaan. Angka ini meningkat 3% dari 2 tahun sebelumnya.

Tahun 2019 dan kedepannya diharapkan angka tersebut terus meningkat signifikan. Mereka memiliki kesempatan untuk bersinar. Semua orang yang terlibat akan menerima dan menjadi lebih baik karenanya.

Baca juga: Bisnis Anyaman Ini Berdayakan Emak-emak Flores

Ilustrasi perempuan bisa! (shutterstock)
Lebih banyak perempuan yang menjadi pengusaha

Meskipun berisiko, memulai bisnis adalah kesempatan untuk membangun jalan hidup sesuai keinginan sendiri. Sudah banyak perempuan yang berani meluncurkan bisnis dan sukses di kemudian hari. Jumlahnya pun terus bertambah setiap hari.

Faktanya memang benar. Contohnya di Amerika Serikat (AS), lebih dari 1.800 bisnis per hari diluncurkan oleh perempuan. Angka ini menunjukkan bahwa jumlah bisnis yang dimiliki perempuan telah meningkat sekitar 3.000% sejak tahun 1972.

Baca juga: Emak-emak Jago Bisnis, Kenapa Nggak?

Lebih banyak perempuan yang menjadi pemimpin

Tahun 2019, sudah waktunya karier perempuan melambung walaupun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan demi kemajuan mereka.

Berdasarkan data CNN Money tahun 2018, hanya 5% perusahaan yang masuk dalam urutan Fortune 500 memiliki CEO perempuan. Angka ini diharapkan naik menjadi 10%, bahkan lebih di 2019.

Perempuan bisa!

Don O. Clifton, seorang psikolog AS terkemuka, pernah dikutip di Forbes. Ia mengatakan bahwa setiap orang di dunia dapat melakukan hal yang lebih baik. Setidaknya 1 hal lebih baik daripada 10.000 orang lainnya.

Menurut Jill, hanya sedikit perempuan yang dapat melakukan hal terbaik setiap hari dalam hidupnya, padahal, mereka bisa. "Kita semua dilahirkan dengan bakat unik kita sendiri," tambahnya.

Yuk, isi tahun 2019 optimis!

Baca juga: Mantab! Nih, Power of Bisnis Emak-Emak

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Forbes, The Balance SMB
TAGS
RECOMMENDATION

Perempuan Berpeluang Memimpin di Era Disrupsi Digital

Perempuan harus memiliki keyakinan bahwa mereka mampu dan bisa melengkapi para pemimpin pria yang selama ini mendominasi industri teknologi informasi dan komunikasi serta startup digital

Selasa, 24 April 2018 | 09:55 WIB
LATEST ARTICLE

Fajar Merekah Bagi eSport di tahun 2019!

Akhir-akhir ini eSport selalu menjadi perbincangan. Kira-kira bagaimana, ya di 2019? Apa kah eSport semakin populer? Yuk, simak prediksinya.

Kamis, 17 Januari 2019 | 11:15 WIB

Belum Tahu eSport? Yuk, Kenali!

Dunia eSport di 2019 terus berkembang tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Yuk, simak pengenalan dunia eSport berikut ini!

Rabu, 16 Januari 2019 | 16:15 WIB

3 Skill IT yang Wajib Dikuasai para Entrepreneur

Ilmu bisnis dan manajemen saja tak cukup membuat bisnis bertahan. Zaman now, pengetahuan tentang bisnis digital dan IT menjadi yang utama. Apa saja yang harus dipelajari para entrepreneur?

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:15 WIB

Bikin Startup Masih Ribet, Ini Sebabnya!

Peluang membangun startup di Indonesia selalu terbuka lebar. Namun, apakah birokrasi menjadi faktor bergugurannya startup di tengah jalan?

Selasa, 15 Januari 2019 | 08:15 WIB