LogoDIGINATION LOGO

Kiat Memulai Usaha Online Bagi Mahasiswa

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 16 Oktober 2017 | 03:37 WIB
Share
Status sebagai mahasiswa bukan jadi halangan untuk memulai bisnis
Share

Status sebagai mahasiswa bukan jadi halangan untuk memulai bisnis. Masa menjadi mahasiswa adalah momen tepat untuk memulai bisnis sebelum menghadapi tantangan dunia kerja yang sebenarnya. Sebagai anak kuliahan, Anda bisa berbekal kreativitas dan kejelian melihat peluang, utamanya peluang di bidang bisnis online. Berikut kiat yang bisa Anda lakukan sebelum memulai usaha online yang disusun oleh Diginatin.id;

1. Jangan pusingkan modal

Salah satu alasan klasik orang enggan memulai bisnis adalah modal. Banyak orang yang merasa tidak punya cukup uang untuk mendirikan sebuah usaha kemudian menunda keinginan tersebut. Padahal jika Anda ingin memulai bisnis online, modal merupakan hal kesekian.

Caranya adalah manfaatkan sistem dropship, sebuah metode jual beli online di mana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman. Anda hanya tinggal memajang foto-foto barang dagangan supplier di website atau akun media sosial sebagai lapak berjualan. Anda hanya perlu modal pulsa untuk melayani pelanggan dan kuota data untuk mengurus lapak online Anda.

2. Manfaatkan media sosial

Akses internet tentu bukan merupakan hal yang asing bagi Anda sebagai mahasiswa, termasuk media sosial semisal Facebook, Instagram, dan Twitter. Manfaatkan media sosial sebagai lapak juga sebagai media promosi dagangan Anda dengan gratis.

Buatlah akun yang unik agar mudah dikenali oleh pengguna media sosial. Update secara berkala produk-produk Anda dan rajinlah menyapa follower atau calon pelanggan Anda secara smart agar tidak dianggap spam.

3. Adakan giveaway

Saat pertama kali memulai bisnis online, nama toko online Anda pasti belum dikenal oleh calon pelanggan. Untuk menarik perhatian calon pelanggan, adakan giveaway yang unik untuk mengenalkan brand Anda. Jangan lupa berikan syarat untuk mengikuti giveaway tersebut yaitu calon pelanggan harus mem-follow akun toko online Anda dan membagikan post Anda di akun media sosial mereka.

4. Konsisten

Memulai bisnis baru tentu saja jalan Anda tidak akan lempeng-lempeng saja. Yang harus Anda lakukan agar bisnis online Anda terus berjalan adalah dengan konsisten mengembangkannya. Anda harus rajin meng-update produk, melayani pelanggan, dan melakukan inovasi terbaru agar usaha Anda semakin tumbuh. Jika usaha Anda tumbuh besar, bukan tidak mungkin selepas wisuda nanti Anda tidak butuh lagi mencari pekerjaan karena usaha Anda telah cukup menghidupi diri Anda sendiri.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB