LogoDIGINATION LOGO

Productivity Hack! 4 Cara Yang Bisa Kamu Coba

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Jumat, 4 Januari 2019 | 11:15 WIB
Share
Ilustrasi produktif (shutterstock)
Share

Libur panjang telah berlalu, sekarang waktunya kembali kerja. Bagi sebagian orang, transisi dari liburan ke rutinitas harian kadang menjadi mimpi buruk. Tak jarang di hari pertama bekerja, rasa malas dan tidak mood menggelayuti. Daripada kerja terus-terusan tidak produktif, simak tips yang Digination.id kutip dari buku berjudul Productivity Hacks: 500+ Easy Ways to Accomplish More at Work-That Actually Work! karangan Emily Price. Dari 500 lebih cara yang ditulis, ada 4 cara favorit yang bisa kamu terapkan. Apa saja, ya?

#7. Membuat rantai visual

Jerry Seinfeld, seorang stand up komedian asal Amerika menggunakan sistem kalender bernama "Don't break the chain". Cara kerjanya dengan menandai setiap hari di kalender dengan hal-hal yang telah dilakukan untuk mencapai tujuan. Dengan tanda-tanda ini kamu bisa melacak progress pekerjaan dengan mudah. Lalu, kenapa diberi nama ''don't break the chain''? Karena seiring berjalannya waktu, semakin banyak hari yang ditandai sehingga lama kelamaan membentuk ''rantai'' yang saling berhubungan. Rantai-rantai ini juga menjadi tanda bahwa kamu semakin dekat dengan tujuanmu.

Baca juga: Ternyata Bisa, Liburan Tapi Tetap Produktif!

Ilustrasi membuat rencana (shutterstock)
#21. Membuat rencana 3 bulanan

Apakah resolusimu di tahun 2018 sudah tercapai ? Ada yang meleset? Belajar dari  yang tak tercapai di 2018, coba ubah caramu merencanakan tujuan tahun 2019 ini. Daripada membuat tujuan setahun yang terlalu panjang dan lama, lebih baik menggantinya dengan tujuan per 3 bulan. Dengan hal tersebut, kamu akan lebih mudah mengevaluasi setiap langkah dan bisa memperbaikinya dengan cepat daripada harus menunggu sampai 31 Desember.

#66. Luangkan waktu untuk Me Time

Dirimu adalah aset terpenting dalam meningkatkan produktivitas. Paling tidak seminggu sekali cobalah miliki me time. Jalankan hobi dan lakukan hal-hal yang kamu suka diluar pekerjaan. Hal ini penting untuk membuang emosi negatif, mengurangi stres dan penat bekerja.

Baca juga: 3 Cara Jitu Liburan Produktif Bagi Enterpreneur

Ilustrasi planning (shutterstock)
#347. Jadwalkan meeting di sore hari

Kebanyakan orang berpikir jika pagi hari adalah waktu terbaik untuk meeting. Faktanya justru sebaliknya, rapat di pagi hari memberi lebih banyak kemungkinan orang tidak siap. Pekerjaan yang belum selesai atau mengejar waktu rapat membuat tak sempat bersiap.

Sore hari adalah waktu terbaik untuk meeting. Kelompok yang terlibat akan lebih siap, karena pekerjaan sudah selesai dan tidak dikejar waktu, daripada harus hadir pada meeting pukul 9 pagi di hari Senin.

Kamu punya ide lain?

Baca juga: Lebih Produktif di Era Digital? Bisa!

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: inc-asean, The Ladders
TAGS
RECOMMENDATION

10 Tips untuk Mengalahkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaa ini terkesan sepele namun jika terus-menerus dibiarkan akan berdampak besar. Kebiasaan jelek ini bisa mengganggu karier dan kepercayaan dirimu.

Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB