LogoDIGINATION LOGO

Inilah Tren Financial Technology di Tahun 2017

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 21 Agustus 2017 | 06:07 WIB
Share
Pernah dengan tentang uang virtual? Bitcoin, Ether, atau Etherium?  Itulah FinTech
Share

Pernah dengan tentang uang virtual? Bitcoin, Ether, atau Etherium?  Itulah FinTech. Pada dasarnya, financial technology atau yang sering disebut FinTech, merupakan inovasi dalam bidang teknologi keungan untuk mempermudah transaksi baik bagi konsumen maupun pelaku bisnis lainnya.

Salah satu faktor terbesar yang memengaruhi perkembangan FinTech adalah maraknya perusahaan berbasis aplikasi, yang serta merta mempermudah investasi. Para konsumen juga semakin banyak menggunakan mobile wallet yang memudahkan pembayaran barang atau jasa langsung dari ponsel pintar atau gadget lainya.

Berdasarkan pola konsumsi masyarakat, tak heran rasanya jika tren penggunaan FinTech semakin hari semakin meningkat. If you must know, inilah tren financial technology yang marak di tahun 2017.

  1. Mengubah Perilaku Belanja Konsumen

Perilaku konsumen masyarakat akan berubah seiring adanya FinTech. Pola belanja konvensional alias offline akan ditinggalkan sedikit demi sedikit. Bahkan, Anda akan semakin jarang menjumpai ibu-ibu berbelanja di pasar. Tidak hanya itu, teknologi finansial ini juga mengubah pola perbankan komersial yang akan semakin gencar menyediakan portal layanan pembayaran.

  1. Penggunaan Chatbot Semakin Populer

2017 adalah tahunya ‘BOT’. Sebenarnya, chatbot bukan hal baru – teknologi ini awalnya dikembangkan oleh Alan Turing dengan tujuan membuat program komputer untuk berkomunikasi layaknya manusia. Dalam dunia finansial teknologi, chatbot seperti pada Amazon Echo atau Google Home bisa memberikan informasi singkat soal investasi, jumlah saldo, atau membayar tagihan.

  1. Mobilisasi Penjual dan Pembeli Menjadi Lebih Modern

Tahun 2017 diperkirakan menjadi tahun yang besar bagi industri mobile, termasuk sektor teknologi finansial. Perusahaan FinTech akan lebih fokus untuk mengembangkan platform yang kompatibel dengan posel pintar dan gadget lainnya demi membidik konsumen. Berdasarkan data, 82% konsumen menggunakan gadget mereka untuk membuat keputusan produk/belanja.

  1. Blockchain untuk ‘Merekap’ Keuangan

Fenomena Blockchain turut mengisi tren teknologi finansial di tahun 2017. Blockchain disebut juga ‘buku besar’ yang menyediakan informasi tentang transaksi dalam sebuah perusahaan. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk mengecek dan memverifikasi transaksi keuangan tanpa otoritas pusat alias terbuka pada perangkat yang masuk ke dalam jaringan komputer terdistribusi.

Masalah utama dalam tren teknologi finansial masih seputar keamanan. Tersebarnya data pelanggan dan soal privasi menjadi momok tersendiri bagi sebagian konsumen. Namun demikian, adanya FinTech membuat transaksi lebih mudah dan murah, serta berpengaruh pada efisiensi waktu.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Fortune
TAGS
LATEST ARTICLE