LogoDIGINATION LOGO

Inilah 10 Youtuber Terkaya di Dunia Sepanjang 2018!

author Oleh Ana Fauziyah Selasa, 1 Januari 2019 | 09:10 WIB
Share
Ilustrasi seorang YouTuber. (Foto: Pexels)
Share

Dampak YouTube terhadap budaya pop tidak dapat diabaikan. Para YouTuber populer di platform berbagi video ini telah memberi pengaruh di segala bidang, baik itu teknologi, kecantikan, kuliner, pariwisata dan lain sebagainya.

Bahkan karena kemampuan mereka menjangkau puluhan juta pengikut setiap harinya, para YouTuber ini telah dijadikan sebagai magnet iklan untuk menarik pelanggan melalui sistem endorsement. Banyak YouTuber populer telah mampu mengubah merek pribadi mereka menjadi bisnis jutaan dolar, selain mendapat penghasilan dari iklan di video mereka.

Forbes baru-baru ini merilis daftar YouTubers dengan bayaran tertinggi sepanjang tahun 2018, berdasarkan penghasilan mereka dari 1 Juni 2017 hingga 1 Juni 2018. Seperti dilansir dari Forbes, Jumat (21/12) semua taksiran penghasilan tersebut didasarkan pada data dari Captiv8, SocialBlade dan Pollstar, serta wawancara dengan orang dalam industri.

Angka tersebut sebelum dikurangi pajak, sementara biaya-biaya lainnya semisal biaya untuk agen, manajer, dan pengacara tidak turut dihitung.

Lalu siapa saja nama-nama YouTuber tersebut? Cek daftar berikut yang diurutkan dari nomor 10 sampai peringkat teratas.

#10 Logan Paul – USD 14,5 Juta

Vlogger Logan Paul adalah YouTuber dengan bayaran tertinggi keempat pada tahun 2017 lalu. Tetapi reputasinya jatuh setelah dia mengunggah video mayat yang ditemukannya di hutan Aokigahara Jepang, lokasi yang terkenal karena bunuh diri. Akibatnya, YouTube menghapus Paul dari program Google Preferred, yang kemudian memengaruhi pendapatan iklannya.

Namun, salurannya terus mengumpulkan pelanggan dan ia terus mendapatkan penghasilan dari barang dagangan pribadinya. Terlepas dari skandal di Jepang, Paul mampu meningkatkan penghasilannya sebesar USD 2 juta. Salah satu aksi Paul yang paling banyak ditonton tahun ini adalah video pertandingan tinjunya.

#9 PewDieDie – USD 15,5 Juta

Dalam beberapa tahun terakhir, Felix "PewDiePie" Kjellberg adalah YouTuber yang paling sukses di dunia. Namun skandal baru-baru ini yang menuduhnya cenderung menyebarkan rasisme dan anti-Semitisme telah menyebabkan pamornya sedikit menurun. Namun, seperti Logan Paul, PewDiePie berhasil meningkatkan penghasilan keseluruhannya sekitar USD 3,5 juta antara Juni 2017 dan Juni 2018. PewDiePie masih memiliki pelanggan terbanyak dari setiap akun tunggal di YouTube dengan lebih dari 73 juta.

Baca juga: Jadi Youtuber Sejagat? Bisa!

#8 Jacksepticeye – USD 16 Juta

Sean "Jacksepticeye" McLoughlin adalah streamer video game dari Irlandia. Ia menjadi salah satu YouTuber pertama yang menjadi bagian dari jaringan Revelmode yang disponsori Disney. McLoughlin akhirnya menandatangani kontrak untuk membuat program asli untuk Disney XD, saluran TV yang dipasarkan untuk anak-anak dan remaja. McLoughlin juga berperan sebagai pembawa acara untuk sejumlah acara langsung dan tur di Eropa dan Amerika Utara.

#7 VanossGaming – USD 17 Juta

VanossGaming adalah saluran yang dijalankan oleh gamer asal Kanada Evan Fong, meskipun Fong jarang muncul di kamera sendiri. Salurannya menarik banyak penggemar karena pengeditannya yang unik, orisinal, dan bernada komedi. Fong juga mempunyai saluran lain untuk mendukung pemasaran merek pakaian miliknya dan musik yang diproduksi sendiri dengan nama Rynx.

Ilustrasi YouTuber. (Foto: Pexels)

#6 Markiplier – USD 17,5 Juta

Mark Edward Fischbach atau “Markiplier” telah menjadi salah satu YouTuber video game paling populer selama lebih dari lima tahun. Fischbach pernah belajar untuk menjadi insinyur biomedis, tetapi mengalami serangkaian peristiwa yang mengubah hidupnya. Fischbach mengatakan kepada Forbes bahwa ia memiliki tumor yang diangkat dari kelenjar adrenalnya, putus dengan pacarnya, dan diberhentikan dari pekerjaannya sebelum ia memutuskan untuk memulai channel-nya. Peristiwa tersebut kemudian membawanya untuk mengejar karir sebagai YouTuber. Saat ini, ia memiliki lebih dari 22 juta pengikut di YouTube.

#5 Jeffree Star – USD 18 Juta

Pernah dikenal sebagai orang yang paling diikuti di MySpace, Jeffree Star telah membuat transisi yang sangat sukses ke YouTube sejak 2014. Star meluncurkan salurannya di samping merek riasnya, Jeffree Star Cosmetics, kiat kecantikan, tutorial make up, dan vlog pribadi. Star saat ini telah mempunyai lebih dari 11 juta pelanggan dengan sekitar 300 video.

Baca juga: Cara Dapatkan Uang Lewat YouTube

#4 DanTDM – USD 18,5 Juta

Streamer video game asal Australia Daniel "DanTDM" Middleton adalah YouTuber dengan bayaran tertinggi tahun lalu dengan pendapatan mencapai USD 16,5 juta. Penghasilan Middleton melonjak berkat tur dunia yang mencakup empat pertunjukan yang terjual habis di Sydney Opera House dan merek pakaian pribadi yang berkembang pesat.

#3 Dude Perfect – USD 20 Juta

Dude Perfect adalah saluran yang berfokus pada olahraga. Saluran ini menampilkan ratusan trik dan aksi yang luar biasa. Saluran ini dijalankan oleh kelompok beranggotakan lima orang yaitu si kembar Cory dan Coby Cotton, Garrett Hilbert, Cody Jones, dan Tyler Toney, yang semuanya kuliah di Texas A&M University.

Berkat kreativitas mereka, konten video dari grup ini mengumpulkan banyak perhatian viral. Mereka juga telah tampil di “Good Morning America” dan beberapa acara ESPN. Seiring meningkatnya popularitas mereka, Dude Perfect juga telah memproduksi video dengan sejumlah atlet profesional terkenal, termasuk Odell Beckham Jr, Drew Brees, Chris Paul, dan Dale Earnhardt Jr.

#2 Jake Paul – USD 21,5 Juta

Sementara Logan Paul tersandung karena kasus Aokigahara, popularitas adik lelakinya Jake Paul makin meroket di jagat YouTube. Jake merilis vlog harian dan video rap ke lebih dari 17 juta pengikut setiap minggu. Jake yang saat ini berusia 21 tahun tersebut pada tahun 2017 lalu mendapat perhatian karena perseteruannya dengan tetangga-tetangganya.

#1 Ryan ToysReview – USD 22 Juta

Dan peringkat teratas dalam daftar YouTuber dengan bayaran tertinggi pada 2018 adalah Ryan ToysReview.  Ryan ToysReview adalah saluran YouTube tentang ulasan mainan yang dibawakan oleh host anak kecil yang baru berusia 7 tahun, Ryan.

Orang tua bocah itu mulai mendokumentasikan ulasan mainannya pada bulan Maret 2015 dan sekarang telah mengumpulkan lebih dari 17 juta pelanggan. Basis pengikut Ryan memang tidak sebesar beberapa bintang YouTube top lainnya, namun pengaruhnya yang semakin besar pada industri mainan membantu melipatgandakan pendapatannya sejak 2017.

Baca juga: Nih 10 Tips dari Pakar YouTube

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Business Insider, Forbes
TAGS
RECOMMENDATION

Tips Membangun Iklan Bersama Kreator YouTube

Era digital mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, termasuk di dalamnya keberhasilan YouTube mengubah cara pandang masyarakat menikmati media hiburan

Senin, 14 Mei 2018 | 02:50 WIB

Youtube Down, Ada Apa Ya?

Youtube baru-baru ini mengalami downtime. Para pengguna yang ingin mengakses video dan mengunggah konten disambut dengan halaman kosong dan pesan error 503 dan error 500

Jumat, 19 Oktober 2018 | 16:20 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB