Beriklan di Instagram Stories? Manfaatkan Fitur Tambahan Ini
Instagram meluncurkan fitur tambahan dalam Instagram Stories yang mampu membantu para pengiklan mengoptimalkan iklan mereka
Jumat, 15 September 2017 | 04:35 WIB
Sudah bukan rahasia lagi platform media sosial Instagram jadi lahan basah untuk promosi produk. Banyak fitur yang bisa dimanfaatkan para online marketer dan influencer untuk keperluan branding dan mendongkrak omzet, salah satunya fitur “Close Friends” yang ada di Instagram Stories.
Fitur “Close Friends” memungkinkan pengguna untuk membuat daftar teman-teman terdekat. Hanya teman-teman yang terpilih dalam daftar saja yang bisa melihat Instagram Stories-nya. “(Fitur Close Friend) menjadikan dirimu apa adanya dan berhubungan serta terhubung dengan teman-teman baik Anda, Anda membutuhkan ruang sendiri,” jelas Robby Stein, Director of Product Instagram pada Tech Crunch.
Bermodal kreativitas, fitur ini bisa digunakan untuk menggali potensi bisnis. Berikut beberapa trik yang bisa kamu praktikkan untuk memaksimalkan fitur “Close Friends” di Instagram Stories untuk bisnismu.
Baca juga: Ini Dia, 10 Tools Terbaik Instagram 2019
# 1: Seleksi daftar “Close Friends”
Mulailah dengan menyeleksi teman-teman dekat yang masuk ke daftar “Close Friends”. Hanya kamu yang bisa menentukan siapa yang menjadi teman dekat. Pengguna lain tidak bisa meminta untuk dimasukkan ke dalam daftar.
Daftar “Close Friends” bisa dibuat di menu profil men-tap ikon tiga baris di sudut kanan atas dan pilih menu “Close Friends”. Selanjutnya, pilih opsi ‘tambahkan’ untuk membuat daftar teman dekat. Untuk menghapus seseorang dari daftar, klik opsi ‘hapus’ di samping nama pengguna.
Teman yang ditambahkan tidak akan mendapat notifikasi yang mengatakan bahwa mereka telah ditambahkan, atau juga ketika mereka dihapus dari daftar “Close Friends”. Tidak ada batasan jumlah maksimal teman dalam daftar, bahkan kamu bisa menambahkan lebih dari 100 orang. Kamu bisa mengunggah Stories berisi foto, cerita, atau animasi seperti biasa. Namun, pilih opsi untuk membagikannya secara “Close Friends” dengan memilih ikon lingkaran hijau dengan bintang di tengah.
Baca juga: Perluas Jaringan Bisnis Dengan 3 Tips Ini!
# 2: Kolaborasi efektif lewat “Close Friends”
Fitur “Close Friends” memang belum lama diluncurkan Instagram, tapi sangat menarik melihat bagaimana fitur ini bisa digunakan secara kreatif untuk bisnis. “Close Friends” bisa membantu teman dekat untuk lebih fokus pada apa yang kamu bagikan di Stories.
Contohnya, jika kamu memiliki sebuah brand yang bekerja erat dengan kolaborator atau influencer untuk branding, manfaatkan “Close Friends” untuk membagikan visi misi, target project, dan peluang kolaborasi. Ini memberi mereka akses awal dan peluang untuk mengajukan pertanyaan sebelum detail dibagikan secara publik.
Daftar “Close Friends” juga bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan proses behind the scene sebuah proyek. Dengan begitu, hanya orang-orang tertentu saja yang kamu pilih bisa memberi feedback dan perspektif unik dari brand kamu. Menempatkan ‘target’ dalam satu daftar dapat mempermudah untuk menarik minat orang-orang tertentu, tanpa terlihat oleh followers lainnya.
#3: Mengirim konten eksklusif
Fitur “Close Friends” bisa dimanfaatkan sebagai grup berbayar untuk menawarkan konten ekslusif. Cara ini efektif digunakan untuk para business coach, personal fitness trainer, motivator, atau nutrisionist. Klien bisa ditawarkan konten ekslusif berbayar yang berbeda dengan konten gratis yang dinikmati followers lainnya.
Agar lebih menarik, klien juga bisa diberikan bonus features. Misalnya, kesempatan konsultasi lebih dekat secara personal, mendapat kode promo khusus untuk pembelian produk, atau akses lebih awal untuk konten atau produk yang baru dirilis. Mengambil langkah ekstra untuk menawarkan sesuatu yang istimewa akan membantu memvalidasi segmen pasar, membangun kesetiaan dengan brand, bahkan dapat meningkatkan lebih banyak penjualan.
Bagaimana, sudah siap untuk mencoba?
Baca juga: 3 Tips Instagram Stories untuk Dongkrak Penjualan
Instagram meluncurkan fitur tambahan dalam Instagram Stories yang mampu membantu para pengiklan mengoptimalkan iklan mereka
Jumat, 15 September 2017 | 04:35 WIBSeperti yang dijelaskan Kamis, 21 Juni 2018 | 10:29 WIB
Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler saat ini
Jumat, 3 Agustus 2018 | 00:02 WIBFitur ChatGPT ini bisa digunakan untuk apa saja ya di bulan puasa? Yuk, simak selengkapnya berikut ini:
Jumat, 29 Maret 2024 | 10:15 WIBsimak beberapa ide usaha untuk Bulan Ramadan sebagai berikut!
Kamis, 21 Maret 2024 | 17:30 WIBERSPO hadirkan lima koleksi pakaian olahraga berkualitas tinggi dengan harga terjangkau
Kamis, 21 Maret 2024 | 16:36 WIBKamu bisa mendapatkan smartphone dan gadget dengan harga dan promo menarik
Senin, 18 Maret 2024 | 09:36 WIBvisualisasi data yang menarik serta efektif guna mensukseskan bisnis secara keseluruhan Yuk, simak penjelasannya!
Sabtu, 16 Maret 2024 | 11:38 WIBBuat kamu yang pelajar ini dia cara untuk menambah uang:
Rabu, 6 Maret 2024 | 10:02 WIBAnting ini merupakan alat yang lebih baik dalam mendeteksi parameter kesehatan wanita
Selasa, 5 Maret 2024 | 13:57 WIBIntegrasi antara SEEK, Jobstreet, dan Jobsdb menghadirkan AI
Jumat, 1 Maret 2024 | 18:14 WIBBerikut beberapa alasan mengapa data scientist penting buat pembisnis :
Kamis, 29 Februari 2024 | 13:24 WIBMelalui agenda bersama ini, mampu menurunkan emisi karbon
Kamis, 29 Februari 2024 | 11:22 WIBTips membangun pondasi finansial yang kuat dan juga meningkatkan nilai personal kredit-mu:
Rabu, 21 Februari 2024 | 15:57 WIBAda banyak tools untuk mendapatkan strategi marketing. Berikut empat tools dasar yang bisa digunakan:
Selasa, 20 Februari 2024 | 14:38 WIBRencana strategis pengembangan ekosistem digital di Indonesia:
Selasa, 20 Februari 2024 | 14:18 WIBBerikut beberapa pandangan iCIO Community dampak transisi politik terhadap TI di Indonesia:
Kamis, 15 Februari 2024 | 12:21 WIBberikut daftar franchise dengan modal Rp20 juta saja:
Selasa, 13 Februari 2024 | 18:13 WIB